BERITA

Cendikiawan NU: Ma'ruf Amin Jadi Pimpinan, NU Bakal Semakin Moderat

"NU perlu mewaspadai perkembangan dinamika tersebut agar tidak mengarah pada intrik politik seperti yang kerap terjadi dalam partai politik"

Ninik Yuniati

Cendikiawan NU: Ma'ruf Amin Jadi Pimpinan, NU Bakal Semakin Moderat
Suasana Muktamar Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur. (Foto: Muji Lestari/KBR)

KBR, Jakarta - Cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU) Ulil Abshar Abdala menilai Rais Aam NU terpilih, Ma'ruf Amin, akan membawa organisasi itu semakin moderat. Dia mengakui, selama ini publik banyak memandang sosok Ma'ruf sebagai ulama konservatif dan kontroversial. Ini lantaran dirinya dikenal banyak beraktivitas di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Beliau memang orang yang di balik fatwa-fatwa MUI yang selama ini kontroversial memang. Ma'ruf Amin dipersepsikan sebagai seorang ulama yang kontroversial. Tetapi kalau kita tahu betul figur Ki Ma'ruf Amin, sebetulnya orang yang cukup moderat. Beliau orang yang sangat alim, pengetahuannya mengenai hukum Islam sangat baik, beliau juga seorang artikulator yang sangat baik juga. Saya justru senang kalau Ki Ma'ruf Amin kembali ke NU, beliau akan lebih kelihatan lagi moderatnya," kata Ulil di KBR Pagi, (6/8).

Terkait dinamika selama muktamar, Ulil menilai sebagai hal yang biasa. Namun, kata dia, NU perlu mewaspadai perkembangan dinamika tersebut agar tidak mengarah pada intrik politik seperti yang kerap terjadi dalam partai politik.

Ma'ruf Amin dan Said Aqil Siradj terpilih sebagai Rais Aam dan Ketua Umum Nahdlatul Ulama, NU periode 2015-2020. Hal ini diputuskan dalam Muktamar NU di Jombang, Jawa Timur, yang berlangsung sepekan ini.

Editor: Bambang Hari

  • Muktamar NU
  • Ulil Abshar Abdallah
  • Rais Aam
  • Ma'ruf Amin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!