BERITA

Cabai Rawit di Banyuwangi Tembus Angka 60 Ribu Perkilo

"Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, naik cukup signifikan dari Rp. 15.000; hingga Rp. 60.000;"

Hermawan Arifianto

Suasana pedagang di sebuah pasar sayur, ilustrasi foto: Antara
Suasana pedagang di sebuah pasar sayur, ilustrasi foto: Antara

KBR, Banyuwangi - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merangkak naik. Di Pasar Genteng Banyuwangi harga cabai rawit mencapai Rp. 60.000 per kilogramnya, dari sebelumnya Rp. 15.000 per kilogramnya.

Naiknya harga cabai rawit juga diikuti dengan naiknya harga cabai merah. Harga cabai merah di pasaran saat ini naik sebesar Rp. 5000 per kilogrmnya, dari sebelumnya Rp. 20.000 per kilogramnya, naik menjadi Rp. 25.000 per kilogramnya.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Genteng Banyuwangi Umi Kulsum, naiknya harga cabai ini disebabkan karena dalam dua minggu ini pasokan cabai di pasaran menurun.  Dia menduga turunya pasokan cabai ini karena agen lebih memilih menjual cabai ke luar kota Banyuwangi, sebab harga jual di luar kota  lebih tinggi hingga Rp. 100.000; per kilogramnya.

“Harga cabai sekarang 60 ribu per kilo, cabai kecil, cabai besarnya juga naik 25 ribu sekarang. Karena di kirim ke luar jawa, luar Banyuwangi kalau di luar Banyuwangi kan mahal bisa sampai 100 ribu. Jadi orang- orang lebih memilih dikirim dari pada di sini murah,” kata Umi Kulsum (9/8/2015).

Pedagang Pasar Genteng Banyuwangi Umi Kulsum memperkirakan kalau pasokan terus menurun, harga cabai akan terus naik hingga Rp. 100.000 lebih per kilogramnya. Untuk itu, dia berharap pemerintah Banyuwangi untuk mengeluarkan larangan mengirim cabai ke luar kota. Karena kebutuhan cabai di dalam kota Banuwangi masih kurang.

Sementara itu, meski harga cabai naik cukup tinggi, justru harga bawang merah dalam beberapa hari ini mengalami penurunan, dari yang sebelumnya Rp. 30.000 kini turun di kisaran Rp. 25.000 per kilogramnya. Penurunan harga bawang ini disebabkan sejumlah daerah penghasil bawang merah tengah panen, sehinggga pasokan di pasaran mencukupi.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • harga cabai naik
  • harga cabai banyuwangi
  • Pasar Genteng Banyuwangi
  • harga bawang banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!