BERITA

Bondowoso Siap Gelar Ijen Trail Running

Ijen Trail Running 2015 mendapat sambutan positif dari peserta. (Foto: Friska Kalia)

KBR, Bondowoso – Sukses dengan event perdananya, Ijen Trail Running (ITR) akan kembali digelar pada tahun mendatang. 

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan banyak mendapat sambutan yang baik dari para pelari yang mengikuti ITR tahun ini. Mereka menyatakan lokasi cocok untuk lomba lari tersebut.

“Keunikan serta pemandangan yang indah dan medan yang cocok menjadi keunggulan kita. Untuk itu, Ijen Trail Running akan menjadi kegiatan rutin tahunan di Bondowoso,” kata Amin Said Husni kepada KBR, Minggu (22/8/2015).

Amin menambahkan, selama ini tidak banyak yang mengenal alam di Bondowoso ternyata cocok untuk dijadikan lokasi berbagai olaharaga alam yang menantang. Untuk itu, Bupati juga berharap akan ada komunitas trail running yang terbentuk di Bondowoso. Selain itu, nantinya bibit atlet trail running yang sudah mulai tumbuh saat ini akan mendapatkan pembinaan dari Pemkab untuk mengikuti berbagai ajang trail running yang sudah banyak diselenggarakan baik di Indonesia ataupun mancanegara.


Sementara itu, pelari asal Jakarta, Lexi menilai trek kawasan Gunung Ijen cukup ideal untuk olahraga cross country running. Jalur yang menantang dengan tanjakan tinggi serta jalan berbatu yang terjal menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan selain tenggat waktu yang ditentukan dalam lomba trail running.


Meski begitu, Lexi juga berharap tahun depan akan ada lebih banyak penunjuk arah serta petugas yang berpatroli di lapangan untuk menghindari adanya pelari yang tersesat atau salah mengambil jalur. 

“Jalurnya sudah ideal, elevasi dan trek yang dilalui pelari sangat baik untuk trail running. Hanya saja mungkin tahun-tahun berikutnya harus diperhatikan lokasi pemberhentian di sepanjang trek lari agar lebih dekat, selain itu rambu penunjuk arah juga harus banyak agar pelari tidak salah jalur atau bahkan tersesat,” katanya. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Ijen Trail Running
  • Bondowoso

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!