BERITA

Bocah Rohingnya di Aceh Utara Segera Peroleh Pendidikan Layak

Bocah Rohingnya di Aceh Utara Segera Peroleh Pendidikan Layak

KBR, Lhokseumawe – Puluhan bocah Rohingnya di tempat perlindungan bagi imigran di Kabupaten Aceh Utara, dinyatakan segera akan memperoleh pendidikan sekolah tahun ajaran 2015/2016. Selain difokuskan tentang Syariat Islam juga diterapkan kurikulum pendidikan berbahasa asing, baik bahasa Indonesia maupun Inggris.

Koordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Utara Rahadiansyah mengatakan, seluruh fasilitas pendidikan anak-anak Rohingnya sudah tersedia di shelter. Kata dia, pihaknya sebagai penanggung jawab pelaksana barak sekarang sedang berupaya melakukan penyempurnaan penerapan kurikulum pendidikan tersebut.

”Kita kerjasama dengan Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (KP3A) yang mengkoordinator dan menangani untuk edukasi pendidikan. Kita sudah membuat kurikulumnya untuk setahun yang intinya tentang aqidah, akhlak dan personal skill. Termasuk pula, Bahasa Inggris dan Indonesia kita bekali, supaya nanti mereka (Rohingnya-red) pindah atau dipindahkan oleh Pemerintah Pusat ke tempat negara ketiga yang lebih baik, nanti mereka bisa berbahasa internasional, ” kata Rahadiansyah kepada KBR, Jumat (7/8/2015).

Sampai saat ini, di tempat perlindungan bagi imigran di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, terdapat orang Myanmar sebanyak 318 orang. Sekitar 50-an diantaranya adalah anak-anak.

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Pendidikan Pengungsi
  • Rohingnya Aceh
  • Syariat Islam
  • KP3A
  • Rohingya
  • pengungsi Rohingya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!