BERITA

Banyuwangi Terpapar Abu Vulkanik Gunung Raung, 40 Ribu Masker Dibagikan

"Warga diharapkan bisa mendatangi kecamaatan terdekat untuk meminta masker"

Hermawan Arifianto

Banyuwangi Terpapar Abu Vulkanik Gunung Raung, 40 Ribu Masker Dibagikan
Gunung Raung di Jawa Timur, yang tengah menghembuskan abu vulkaniknya. (Foto: Friska Kalia/KBR)

KBR, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur, membagikan 40 ribu makser kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan akibat hujan abu vulkanik Gunung Raung yang terjadi sejak hari Selasa kemarin (4/8.2015). Juru Bicara BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, ribuan masker itu, telah didistribusikan ke 23 kecamatan yang melaporkan daerahnya terpapar abu vulkanik. Sehingga masyarakat diharapkan bisa mendatangi kecamaatan terdekat untuk meminta masker. Kadar udara di wilayah Banyuwangi saat ini dinyatakan tidak sehat akibat terpapar abu vulkanik Gunung Raung.

“Sudah dua kali di Banyuwangi ini terpapar abu vulkanik ini sudah dua kali. Sekitar bulan Juni sebelum lebaran itu sekali dan sekarang mulai kemarin itu terpapar lagi. untuk kemarin sekitar 40 ribuan kita menyebarkan. Kita sudah memebrikan stok masker itu ke Kecamatan- kecamatan,” kata Eka Muharram (5/8/2015).

Juru Bicara BPBD Banyuwangi Eka Muharram menambahkan, sejak meningkatnya aktivitas Gunung Raung, BPBD Banyuwangi telah membagikan masker sebanyak 120 ribu masker. Sehingga stok masker yang ada hingga saat ini tersisa 70 ribu masker. Dari jumlah itu, bisa dikatakan stok masker mulai menipis. Karena dari jumlah sisa masker ayang ada saat ini diperkirkan akan habis dalam satu bulan kedepan jika aktivitas Gunung Raung terus meningkat. Untuk itu BPBPD Banyuwangi telah mengajukan bantuan masker kepada BPBD Provinsi Jawa Timur dan BNPB pusat.

Sementara itu berdasarkan data dari PVMBG, kondisi Gunung Raung masih terus menyemburkan abu vulkanik yang ketinggiannya mencapai 800 meter.

Asap berwarna abu kehitaman juga mengarah ke tenggara. Dampaknya, sejumlah wilayah di Kabupaten Banyuwangi dilanda hujan abu. Selain hujan abu, gempa tremor juga masih berlanjut dengan amplitudo dominan 31 mm. Dengan kondisi ini, status Raung masih dinyatakan siaga.


Editor: Bambang Hari

  • Gunung Raung
  • BPBD Jatim
  • pembagian masker raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!