BERITA

Aktivitas Tremor Gunung Raung Terpantau Terus Turun

"Aktivitas tremor Gunung Raung terus menurun baik aktivitas kegempaan dan semburan abu vulkanik dalam kurun waktu tiga hari terakhir."

Gunung Raung menyemburkan abu vulkanik pada Minggu (9/8/2015). Foto: KBR/Friska Kalia
Gunung Raung menyemburkan abu vulkanik pada Minggu (9/8/2015). Foto: KBR/Friska Kalia

KBR, Bondowoso– Aktivitas tremor Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur terpantau terus menurun dalam kurun waktu tiga hari terakhir.

Komandan Satuan Tugas Penanganan Bencana Erupsi Gunung Api Raung di Bondowoso, Letkol Arh Sudrajat mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima satgas dari Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Songgon, Banyuwangi, aktivitas kegempaan dan semburan abu vulkanik terpantau mulai menunjukkan penurunan. Meski begitu, hingga saat ini status gunung setinggi 3.332 mdpl tersebut masih berada pada Level III (Siaga).

“Sekarang masih aman dan terpantau menurun. Semoga saja bisa segera turun jadi waspada,” kata Sudrajat, Selasa (11/8/2015).

Kata Sudrajat, meski terpantau mengalami penurunan aktivitas namun Satgas Penanganan Bencana tetap siaga dan melakukan pengawasan serta pengamatan di wilayah terdampak letusan Raung. Menurutnya, selama status Gunung Raung masih Siaga, pengawasan tak boleh dilonggarkan.

Hari ini aktivitas Gunung Raung yang terpantau dari Pos PGA pada pukul 06.00 – 12.00 WIB menunjukkan tremor menerus dengan amplitudo 5 - 32 milimeter dominan 16 milimeter. Turunnya aktivitas tremor ini terpantau sejak tiga hari terakhir dimana dominan tremor terus mengalami penurunan. Padahal seminggu sebelumnya dominan tremor Gunung Raung sempat mencapai 31 milimeter. 

Editor: Malika

  • gunung raung
  • aktivitas tremor
  • tremor gunung raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!