BERITA

Abrasi Sungai, Ribuan Rumah di Aceh Utara Terancam

Abrasi Sungai,  Ribuan Rumah di Aceh Utara Terancam
Anggota DPD-RI, Sudirman, memperlihatkan tebing sungai retak akibat dampak abrasi sungai Krueng Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Foto: KBR/Erwin Jalaludin

Anggota DPD-RI, Sudirman mengatakan, dari hasil evaluasi lapangan pihaknya menemukan bahwa seluruh pemukiman di area bantaran sungai terancam terseret ketika terjadinya air pasang. Bukan hanya mengancam pemukiman, pertanian dan perkebunan masyarakat di Desa Krueng Baro, Teupin Kuyuen, Riseh Tunong dan sekitarnya juga bisa terkena dampak.


” Karena sungai itu lumayan luas dan lebar, malahan bukan ratusan meter yang dimakan oleh arus nanti! Untuk itu sunganya harus diperdalam, dibangun benteng atau penahan bantaran sungai untuk terhindar abrasi dan mengecilnya tanah warga nantinya, ” kata Sudirman ketika melakukan reses dilokasi, Rabu (5/8/2015).


Kecamatan Sawang terletak sekitar 80 Kilometer dari arah timur Kota Lhokseumawe. Sebagian besar masyarakat bertani dan berkebun. 


Editor: Malika

  • abrasi
  • Aceh Utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!