Bagikan:

Warga Kubu Kesulitan Air Gara-gara Alihfungsi Lahan

Menurut Tokoh Masyarakat Kubu, Suriansyah, warga biasanya mengandalkan air bersih dari hutan tersebut saat musim kemarau.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 14 Agus 2015 13:04 WIB

Author

Alex Gunawan

 Warga Kubu Kesulitan Air Gara-gara Alihfungsi Lahan

Ilustrasi-Kekeringan air/ANTARAFOTO.

KBR, Kumai - Warga Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai kesulitan air bersih terutama untuk konsumsi. Pasalnya, areal tangkapan air di desa pesisir selatan Kobar itu sudah beralih menjadi lahan pertanian.

Menurut Tokoh Masyarakat Kubu, Suriansyah, warga biasanya mengandalkan air bersih dari hutan tersebut saat musim kemarau. Sebab, saat kemarau, sumur-sumur warga mulai menurun debitnya dan kadang ada intrusi air laut. Disamping itu, sungai yang biasanya menjadi andalan warga saat musim kemarau mulai rusak dan kering.

"Itu untuk tangkapan air memang hutan di belakang (desa) itu dan juga itu moratorium dari presiden itu tidak boleh itu lahan gambut, nah dibikinlah untuk pertanian. Mereka (warga) tanam padi tapi tidak ada yang hidup juga padinya, bahkan sungai yang dari dulu untuk minum mandi masyarakat beberapa RT juga rusak, kering. Dari RPJMDes juga tidak ada usulan dari RT di situ untuk pertanian," kata Suriansyah saat ditemui di kediamannya, Jumat (14/8/2015).

Menurut Suriansyah, areal tangkapan air sebenarnya sudah diproteksi pemerintah dengan penanaman rotan dan jelutung. Namun warga terus merambah dan menjadikan lahan itu lokasi untuk menanam padi.


Editor : Sasmito Madrim

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending