NUSANTARA

Puluhan Situs Bersejarah di Lhokseumawe Terbengkalai

"KBR, Lhokseumawe "

Erwin Jalaluddin

Puluhan Situs Bersejarah di Lhokseumawe Terbengkalai
situs, lhokseumawe, terbengkalai

KBR, Lhokseumawe – Puluhan situs peninggalan bersejarah di Kota Lhokseumawe masih dibiarkan terbengkalai. Bahkan, hampir sebagian besar diantaranya sudah mulai rusak karena keropos dimakan usia, yaitu mulai Makam bersejarah Tgk Lhokseumawe, gua, rumah adat dan beragam peninggalan lainnya.
 
Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Lhokseumawe, Ishak Rizal membenarkan, seluruh peninggalan tersebut sama sekali belum terurus. Hal ini disebabkan terbatasnya anggaran yang tersedia mengakibatkan terlantarnya tempat bersejarah itu.

” Perlu dipugari dan sudah tercatat. Setelah itu nanti akan kita daftarkan, yang mana bisa masuk kategori nasional, maka nanti intervensi nasionalnya di Pemerintah Pusat. Sekarang kan semua situs terbentuk secara alami, hampir sebagian tak terurus, ” jelas Rizal menjawab KBR, Kamis (21/8/ 2014) hari ini.

Ia menambahkan, sekarang sedang berupaya melakukan inventarisasi bangunan bersejarah di daerah itu. Mengingat, berdasarkan hasil pendataan di sekitar tempat bersejarah tersebut sudah dipenuhi semak-belukar sehingga dikhawatirkan rawan punah.

Untuk menjaga kelestarian peninggalan bersejarah tersebut sedang dilakukan upaya bantuan dana dari Pemerintah Pusat. Hal itu diperlukan di tengah devisit anggaran yang dialami oleh Pemerintah daerah setempat.


Editor: Luviana

  • situs
  • lhokseumawe
  • terbengkalai

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!