Penerimaan CPNS di Kalimantan Timur Ditunda

KBR, Balikpapan - Sebanyak 2 daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini belum berani membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebab untuk menghidari terjadinya gejolak ataupun kesenjangan di masyarakat, khususnya dengan daerah l

NUSANTARA

Jumat, 22 Agus 2014 20:17 WIB

Author

Teddy Rumengan

Penerimaan CPNS di Kalimantan Timur Ditunda

PNS, CPNS, balikpapan

KBR, Balikpapan - Sebanyak 2 daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini belum berani membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebab untuk menghidari terjadinya gejolak ataupun kesenjangan di masyarakat, khususnya dengan daerah lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan Tatang Sudirja mengatan, hal itu berdasarkan instruksi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Dari 10 kabupaten di Kalimantan Timur, hanya Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang mengajukan formasi CPNS ke Pemerntah Pusat yang disetujui.

Sedangkan daerah lain yang juga ikut mengajukan formasi CPNS belum direspon Kementerian Aparatur Negara (Kemenpen). Karenanya, Pemerintah Provinsi Kaltim kemudian, meminta Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Kota Samarinda jangan dulu membuka lowongan CPNS.

Kata Tatang, jika Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Kota Samarinda membuka lowongan penerimaan CPNS, maka masyarakat daerah lain di Kalimantan Timur yang tidak mendapat jatah kuota CPNS akan protes, sehingga akan menimbulkan gejolak.

Dijelaskannya, lowongan penerimaan CPNS akan dibuka, setelah ada pertemuan seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) di Kalimantan Timur yang akan dilakukan, Sabtu (23/8) di Kantor Walikota Balikpapan. Pertemuan itu dipimpin langsung Sekretaris Provonsi dan Kepala Badan kepegawaan Daerah Kalimantan Tmur.

Dalam pertemuan itu lanjutnya, akan dibahas apakah Pemerintah kota Balikpapan dan Pemerintah Kota Samarinda, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, boleh membuka lowongan penerimaan CPNS ataukah menunggu daerah lain, sehingga menghindari gejolak.

"Cuma untuk pengumaan (lowongan CPNS) nunggu hasil kesepakatan (rapat) besok dengan (Pemerintah) Provinsi. Baru Provonsi, samarinda sama Balikpapan (disetujui ajuan CPNS) daerah lain belum.  Kita (masing-masing daerah)yang  mengajukan, tapi pusat menyetujui berapa jumlahnya, apa-apa saja (formasinya).  Nah itu (dalam rapat) yang akan diputuskan bersama-sama . (Dihadiri) seluruh Sekda seluruh kabupaten kota, dipimpin sekda Provinsi dan Kepala BKD Provinsi,' kata tatang Sudirja, Jumat (22/8)

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan Tatang Sudirja menambahkan, kuota CPNS yang disejui Kementerian Aparatur Negara yakni sebanyak 137 formasi, khususnya guru, dokter maupun perawat.

Dari data awal 2014 lalu, Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Timur menyebutkan, setidaknya di daerah itu masih membutuhkan, puluhan ribu pegawai negeri sipil (PNS), khususnya untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20