NUSANTARA

Kodam Cenderawasih Sita Puluhan Senjata Api dari Warga

Kodam Cenderawasih Sita Puluhan Senjata Api dari Warga

KBR, Jayapura - Kodam Cenderawasih mengamankan 44 pucuk senjata api. Hasil ini didapat dari operasi dan penggalangan kepada masyarakat yang dilakukan sepanjang tahun ini. 


Ke-44 senjata api itu terdiri dari satu pucuk M16, satu SS1 V1, satu pucuk mouser, 12 pistol rakitan, 22 senapan rakitan, 1 pistol reviolver, dua pucuk SS1 V5, satu air soft gun, dua pucuk engkel loop, satu pucuk pistol TT-33. 


Aparat juga mengamankan 9 buah magazen, diantaranya empat buah magazen M16 A1, tiga buah magazen SS1 V1, dua buah magazen TT-33 serta 1522 butir amunisi dari berbagai jenis.


Panglima Kodam Cenderawasih, Christian Zebua mengatakan senjata tersebut kebanyakan didapat di wilayah Pegunungan Tengah. Namun dirinya tak menyebutkan berapa  pelaku yang diamankan bersama dengan temuan senjata api ini, dengan dalih masih dilakukan penyelidikan.


“Jadi sebagian masyarakat menyerahkan senjata dan hasil ini pun sebagian kerjasama dengan pihak kepolisian. Kita prioritaskan melalui satu pendekatan yaitu pendekatan kesejahteraan dibandingkan pendekatan keamanan,” jelasnya.    


Kodam Cenderawasih menyebut  senjata api dan amunisi yang dimiliki oleh kelompok sipil bersenjata di Papua, kebanyakan didapat dari hasil rampasan dan juga pembelian dari luar Papua, seperti dari Ambon dan Poso.


Sebelumnya Kepolisian mengaku senjata api dan amunisi yang beredar di tanah Papua, selain berasal dari Ambon, juga berasal dari Papua Nugini dan Filipina. Dalam aksinya para penyelundup ini selalu melakukan pengiriman ke Papua dengan menggunakan jalur laut. 


Editor: Antonius Eko 


  • senjata api
  • papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!