Calon Jemaah Haji Wajib Suntik Vaksin Meningitis

Calon jemaah haji di Jombang, Jawa Timur, diwajibkan menjalani suntikan vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal itu agar 700-an jemaah kebal dan tidak terlular penyakit berbahaya saat beribadah pada awal September mendatang.

NUSANTARA

Kamis, 14 Agus 2014 14:21 WIB

Author

Muji Lestari

Calon Jemaah Haji Wajib Suntik Vaksin Meningitis

calon Jemaah di Bondowoso, Meningitis

KBR, Jombang – Calon jemaah haji di Jombang, Jawa Timur, diwajibkan menjalani suntikan vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal itu agar 700-an jemaah kebal dan tidak terlular penyakit berbahaya saat beribadah pada awal September mendatang.

Menurut Direktur RSUD Jombang, Puji Umbaran, penyakit tersebut perlu diwaspadai karena penularannya sangat mudah, apalagi saat melaksanakan ibadah, rombongan haji bersama-sama dengan jutaan jamaah lain dari negara lain. Ia juga meminta calon jemaah haji untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Karena virus, semua kembalinya adalah ketahanan tubuh, jadi saran yang kita sampaikan kepada para jamaah haji adalah untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, makan minum dengan gizi yang cukup, istirahat yang cukup, mengatur ritme ibadah juga harus dengan baik,“ kata Puji di RSUD Jombang, kamis (14/08).

Selain vaksin meningitis, kata dia, jamaah haji juga mendapat vaksin imunisasi pilihan lain yaitu imunisasi influenza yang tidak diwajibkan.

Puji menambahkan, pemberian vaksin kepada calon jemaah haji sudah berlangsung selama tiga hari. Hingga saat ini, pihak rumah sakit belum menemukan jemaah yang mengidap penyakit berbahaya ataupun hamil. Sehingga belum ada satu pun yang diputuskan untuk ditunda keberangkatanya ke Tanah Suci.

Puji Umbaran menjelaskan, meningitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang selaput otak berupa peradangan. Radang ini bisa disebabkan oleh organisme seperti virus bakteri atau jamur yang masuk ke dalam tubuh, dari aliran darah kemudian berpindah ke cairan dalam otak.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pegawai KPK Berstatus ASN, Independensi KPK Terancam