NUSANTARA

Beli Premium Pakai Jeriken Dilarang, Pedagang Eceran Jual Pertamax

"Para pedagang premium eceran di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kini beralih menjual pertamax. Premium hingga kini masih sulit mereka dapatkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), apalagi pembelian BBM bersubsidi menggunakan jeriken dilarang."

Beli Premium Pakai Jeriken Dilarang, Pedagang Eceran Jual Pertamax
Beli Premium, Pertamax, banyuwangi

KBR, Banyuwangi - Para pedagang premium eceran di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kini beralih menjual pertamax. Premium hingga kini masih sulit mereka dapatkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), apalagi pembelian BBM bersubsidi menggunakan jeriken dilarang.

Salah satu pejual premium eceran di Banyuwangi Samsul Hadi mengakui, omzet menjual pertamax lebih kecil dibandingkan dengan menjual premium. Bila dalam sehari ia biasanya mampu menjual 40 liter premium, kini hanya mampu menjual 20 liter pertamax saja.

“Satu-satunya jalan ya harus begini, laku tidak (laku) terserah nanti. Dari pada saya menganggur, siapa yang memberi makan saya. (Saya jual) Rp12.500 belinya Rp11.500 dapat 1.000 per liter kalau habis 30 liter berarti kan 30 ribu,” kata Syamsul Hadi kepada Portalkbr, Kamis (28/8).

Ia berharap bisa kembali membeli premium dengan menggunakan jeriken karena Pertamina sudah menormalisasi kembali pasokan BBM ke SPBU.

Sementara itu, meski PT Pertamina sudah menormalisasi pasokan BBM ke SPBU, namun antrean warga untuk mendapatkan BBM bersubsidi masih terjadi di Kabupaten Banyuwangi.

Misalnya di SPBU Gajah Madah Banyuwangi. Pengelolah SPBU Gajah Madah Dedy Junaidi mengatakan, antrean kendaraan terjadi sejak pukul lima pagi.

Menurut Dedy untuk mengantisipasi kericuhan di SPBU, pihaknya telah meminta bantuan polisi untuk menertibkan antrean pembeli BBM. Sedangkan untuk pasokan dari Pertamina sendiri sudah kembali normal. Untuk pengiriman premium dari sebelumnya 8 kiloliter kini kembali ke 16 kiloliter. Sedangkan solar dari pengiriman yang sebelumnya dua hari sekali, sejak kemarin Rabu (27/8) sudah setiap hari.

Sejak hari Rabu (27/8) Pemerintah dan PT Pertamina, akhirnya melakukan normalisasi pasokan BBM bersubsidi kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar antrean masyarakat untuk mendapatkan BBM bersubsidi di SPBU tidak berkepanjangan.

Editor: Anto Sidharta

 

  • Beli Premium
  • Pertamax
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!