NUSANTARA

Baku Tembak di Lanny Jaya, 5 OPM Tewas

Baku Tembak di Lanny Jaya, 5 OPM Tewas

KBR, Jayapura – Baku tembak antara TNI dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali terjadi di Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, Jumat ini (1/8) sekitar pukul 11.00 WIT. Akibat, lima anggota OPM tewas, sementara dua anggota TNI terkena serpihan peluru.

Baku tembak terjadi pergeseran pasukan TNI untuk mengejar kelompok OPM yang dipimpin Enden Wanimbo, Rambo Wenda dan Purom Okiman Wenda. Mereka selama ini disebut-sebut menguasai daerah Lanny Jaya.

“Mereka (OPM, red.) masih di atas (lokasi kejadian, red.) dan posisinya (sekarang) memang sementara kita belum bisa masuk,” ujar Panglima Kodam Cenderawasih, Christian Zebua kepada Portalkbr, Jumat (1/8).

TNI, kata Zebua, kini masih berupaya mengamankan jalan yang kerap digunakan masyarakat sekitar.

“Bagaimana jalur jalan raya itu tetap aman dilalui dalam rangka ekonomi masyarakat jangan terganggu yang kedua masyarakat kita proteksi supaya mereka tidak takutlah, kita lindungi masyarakat,” tambah Zebua.

Beberapa hari sebelumnya, tepatnya 28 Juli saat perayaan Idul Fitri berlangsung, baku tembak terjadi di Lanny Jaya. Dua anggota polisi tewas dalam kejadian itu, dua lainnya tertembak dan empat anggota polisi yang ada di dalam rombongan tersebut selamat.

Hingga saat ini, dua korban polisi masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Dalam kejadian tersebut, empat senjata api milik polisi dirampas yakni jenis revolver dua pucuk, satu buah Moser dan satu jenis V5 Sabhara.

Editor: Anto Sidharta

  • Baku Tembak
  • Lanny Jaya
  • 5 OPM Tewas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!