Antisipasi Slamet, BPBD Jateng Siapkan Logistik Pengungsi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah menyiapkan logistik keperluan warga di lima kabupaten untuk mengantisipasi terjadinya letusan Gunung Slamet.

NUSANTARA

Sabtu, 16 Agus 2014 14:32 WIB

Author

Evilin Falanta

Antisipasi Slamet, BPBD Jateng Siapkan Logistik Pengungsi

gunung, antisipasi, logistik

KBR, Jakarta- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah menyiapkan logistik keperluan warga di lima kabupaten untuk mengantisipasi terjadinya letusan Gunung Slamet.

Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Jawa Tengah Gembong Purwanto Nugroho mengatakan, logistik berupa beras 100 ton telah siap di masing-masing kabupaten. Logistik yang juga berupa bahan makanan instan juga telah didistribusikan sejak beberapa bulan yang lalu.

"Prinsipnya sudah kita siapkan sejak lama. Sejak waktu erupsi bulan Mei itu ke lima kabupaten. Mereka juga sudah punya pagu logistik yang cukup kalau memang dibutuhkan untuk operasi tanggap darurat. Itu ada di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Purbalingga. Kirimnya ada yang kemarin dititipkan ke kantor Bulog itu, tapi kalau makanan siap saji ya sudah ada di masing-masing kabupaten."

Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Jawa Tengah Gembong Purwanto Nugroho menambahkan, selain logistik, timnya telah menetapkan jalur evakuasi serta tempat pengungsian bagi warga.

Empat hari lalu status Gunung Slamet naik menjadi siaga. Sementara, kemarin Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Slamet mengalami letusan sebanyak 30 kali.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan