NUSANTARA

Wow, Sapi di Jombang Dapat E-KTP

"Bukan hanya orang yang bisa mendapatkan pelayanan akses e-KTP. Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ada sekitar 10 ribu sapi potong betina yang didata oleh petugas Dinas Peternakan setempat untuk diberi Kartu Tanda Penduduk elektronik ( e-KTP )."

Wow, Sapi di Jombang Dapat E-KTP
sapi, jombang, e-ktp

KBR68H,Jombang – Bukan hanya orang yang bisa mendapatkan pelayanan akses e-KTP. Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ada sekitar 10 ribu sapi potong betina yang didata oleh petugas Dinas Peternakan setempat untuk diberi Kartu Tanda Penduduk elektronik ( e-KTP ). 


Ketua Asosiasi Peternak Sapi, Memet, mengatakan, alasan Pemerintah setempat membuat e-KTP untuk sapi, agar seluruh sapi potong betina di Jombang memiliki garis silsilah yang jelas. Tujuanya untuk menjaga kualitas sapi-sapi keturunannya agar tetap bagus. Dengan demikian harga sapi potong betina Jombang mampu melebihi dari sapi jantan.


"Yang bisa mendapatkan akses terhadap e-KTP adalah sapi-sapi yang perkawinan atau inseminasi buatannya itu dilakukan oleh petugas Jombang. Jadi petugas itu memberikan KTP ini secara gratis kepada peternak yang perkawinannya dilakukan oleh petugas Jombang. Jadi petugas mau melakukan perkawinan sapi atau kawin suntik itu kalau sudah punya e-KTP," kata Memet.


Sementara, Bupati Jombang, Suyanto, mengklaim, pemberian e-KTP untuk sapi baru pertama kali dilakukan di Jombang. Untuk keperluan ini petugas mendata perkawinan, kelahiran, dan perawatan kesehatan sapi.


Editor: Antonius Eko 


  • sapi
  • jombang
  • e-ktp

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!