Prediksi Puncak Arus Mudik di Yogya Ternyata Meleset

Jumlah penumpang dengan moda transportasi pesawat terbang pada arus mudik lebaran 2013 ini meningkat dibanding tahun lalu.

NUSANTARA

Selasa, 06 Agus 2013 16:10 WIB

Author

Star Jogya

Prediksi Puncak Arus Mudik di Yogya Ternyata Meleset

Prediksi, Puncak Arus Mudik, Yogya, Meleset

KBR68H, Yogyakarta – Jumlah penumpang dengan moda transportasi pesawat terbang pada arus mudik lebaran 2013 ini meningkat dibanding tahun lalu.

Hal ini terlihat dari data di Bandara Adi Sutjipto Jogja. Puncak kedatangan untuk pemudik melalui angkutan udara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadi pada H-5 lalu yang menembus angka 10.975 dan pada H-4 atau Minggu (4/8) mencapai 10.907 penumpang datang.

Dibanding tahun sebelumnya, jumlah penumpang pada H-4 tersebut meningkat cukup signifikan yakni hingga 39,2% untuk penumpang datang dan 14,4% untuk penumpang pergi.

Pada 2012 lalu, di H-4 jumlah penumpang datang sejumlah 7.712 penumpang dan penumpang berangkat mecapai 4.212 penumpang.

“Karakter pemudik tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, baik kedatangan maupun keberangkatan tahun ini terlihat lebih ramai,” kata Asisten Manajer Data dan Informasi AP 1 Bandara Adisutjipto Faizal Indra Kusuma, Senin (5/8).

Namun menurut dia, puncak arus mudik tahun ini berbeda dari prediksi sebelumnya. Jika semula diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (4/8), ternyata puncak arus mudik justru terjadi pada Sabtu (3/8).

Kondisi tersebut terjadi diperkirakan karena libur pada tahun ini bertepatan dengan akhir pekan dan banyak juga pekerja yang sejak Jumat (2/8) sudah libur sehingga mereka memilih untuk mudik pada Sabtu (3/8).

Sumber: Star Jogja
Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17