NUSANTARA

Perilaku Berlalu Lintas Pemudik di Pantura Rendah

"Arus balik menuju Jakarta di jalur Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat, hingga H+4 dipadati puluhan ribu kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar."

Perilaku Berlalu Lintas Pemudik di Pantura Rendah
Berlalu Lintas, Pemudik, Pantura

KBR68H, Cirebon – Arus balik menuju Jakarta di jalur Pantai Utara (Pantura) Cirebon, Jawa Barat, hingga H+4 dipadati puluhan ribu kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar.

Rombongan kendaraan pemudik tidak berhenti membanjiri Pantura Cirebon, menyebabkan sejumlah penumpukkan kendaraan di sejumlah titik seperti, pertigaan Kedawung, Perempatan Pasar Pasalaran Plered Kabupaten Cirebon, dan pintu keluar tol Tegalkarang Palimanan.

Kepadatan ini terjadi, karena berbaurnya antara kendaraan pemudik dengan pengendara lokal yang sudah mulai menjalankan aktivitas harian mereka. Pasalnya sejak Senin ini (12/8), sebagian pegawai swasta dan Pegawai Negeri Sipil sudah masuk kerja. Penumpukkan kendaraan, juga diperparah dengan perilaku pengemudi yang saling serobot, perusakan pembatas median jalan sehingga warga sekitar dengan mudah menyebrang sembarangan. Selain itu, ulah sopir angkot serta tukang becak yang menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya.

Salah seorang petugas Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kabupaten Cirebon Dodi Hermawan mengatakan, peningkatan volume kendaraan pemudik ke arah Barat atau Jakarta mulai terjadi sejak Minggu pagi pukul 09.00-10.00 Wib dan malam hari pukul 20.00 Wib.

“Kendaraan pemudik sudah mulai kelihatan peningkatananya sejak hari Mingu kemarin. Karena, sudah bercampur dengan warga yang beraktivitas,” jelas Dodi. Ia melanjutkan, pada H+3 sebanyak 390.117 kendaraan yang melintas baik ke arah Jakarta sebanyak 327.634 kendaraan maupun ke arah Jawa Tengah sebanyak 63.113 kendaraan.

Ia menambahkan, menurut data yang diperoleh di Pos Dishubinkom Kabupaten Cirebon pada malam hari sekitar pukul 20.00 Wib kendaraan yang melintas ke arah Jakarta tercatat  sebanyak 176.220 kendaraan sementara, pada siang hingga sore hari sebanyak 150.730 kendaraan.

Komandan Regu B Pos Pengamanan Dishubinkom Kabupaten Cirebon Erwin mengungkapkan, pada H+4 atau Senin dari pukul 08.00 – 11.00 Wib tecatat sebanyak 702 kendaraan per lima menit melintas di Pantura Cirebon.

“Hingga siang ini, kendaraan roda dua masih mendominasi di Pantura. Kemarin hingga tadi malam, rata-rata kendaraan yang melintas sebanyak 10.000 – 34.000,” jelas Erwin. Ia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada hari Jumat atau Minggu, karena Kamis seluruh pegawai sudah masuk kerja, dibarengi dengan pelajar yang sudah masuk sekolah.

Ia mengaku, rendahnya kesadaran warga dalam berlalu lintas menyebabkan jalur Pantura terlihat semrawut. “Penumpukkan kendaraan karena ulah sopir angkot, tukang becak, dan warga yang tidak tertib. Tapi hingga saat ini, belum terjadi kemacetan yang berarti, masih dapat ditangani dengan baik,” ungkap Erwin.

Editor: Anto Sidharta

  • Berlalu Lintas
  • Pemudik
  • Pantura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!