NUSANTARA

Pemudik yang Melintas Cirebon Mulai Menurun

Pemudik yang Melintas Cirebon Mulai Menurun

KBR68H, Cirebon – Tidak seperti pada hari Minggu lalu atau H-4, volume kendaraan pemudik yang melintas di jalur Pantai Utara (Pantura) Kota Cirebon, Jawa Barat, pada H-2 Lebaran mulai menunjukkan penurunan.

Dibanding hari sebelumnya, petugas Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota pada H-2 pun terlihat tidak kesulitan dalam mengatur kendaraan di sejumlah titik yang biasanya sering terjadi penumpukan kendaraan. Misalnya di perempatan Terminal Harjamukti, perempatan Kalitanjung, dan pertigaan Kalijaga.

Dari pos pemantauan Dinas Perubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon pada H-3 kemarin, tercatat sebanyak 112.281 kendaraan terdiri dari 100.589 kendaraan roda dua, 537 truk, 650 bus, dan 10.505 kendaraan roda empat.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni mengatakan, pada H-2 jumlah kendaraan yang melintas di jalur Pantura Kota Cirebon mulai menunjukkan penurunan. Hal ini dapat terlihat pada mudahnya petugas saat mengatur lalulintas di sejumlah persimpangan.

“Hari ini sudah menurun. Berdasarkan hasil pemantauan puncaknya terjadi pada hari Minggu hingga Senin pagi,” jelas Dani. Namun ia mengakui, hingga kini kendaraan roda dua masih mendominasi di jalur Pantura.

Menurutnya, rambu-rambu, penunjuk arah dan sarana prasarana lain untuk memudahkan pemudik mencapai tempat yang dituju masih dalam kondisi baik dan terpasang pada tempat yang semestinya. Begitu pula personil yang bertugas.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Informatika dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon Taufan Bharata. Menurutnya, setelah hari Minggu lalu hingga H-2 lebaran ini volume kendaraan pemudik berangsur-angsur mulai menunjukkan penurunan.

“Dari pos pengamatan kami, kemarin sebanyak 100 kendaraan roda empat per lima belas menit, H-2 menurun menjadi 80 kendaraan per lima belas menit,” Jelas Taufan. Ia menjelaskan, puncak arus mudik terjadi pada H-4 atau hari Minggu lalu di saat kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 2.900 - 3.000 kendaraan per lima belas menit, dan kendaraan roda empat sebanyak 110-115 kendaraan per lima belas menit.

“Setiap harinya, kepadatan kendaraan terjadi pada sore hari sampai dengan pukul 17.00 wib. Untuk malam biasa-biasa saja atau rata-rata air,” pungkas Taufan.

Sumber: Suara Gratia
Editor: Anto Sidharta

  • Pemudik
  • Cirebon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!