NUSANTARA

Pemkot Balikpapan Pulangkan Pendatang

"Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan memulangkan pendatang tanpa identitas dan tidak memiliki tempat tinggal."

Johan Rumengkang

Pemkot Balikpapan Pulangkan Pendatang
pendatang, balikpapan, kalimantan

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan memulangkan pendatang tanpa identitas dan tidak memiliki tempat tinggal. 


Kepala Seksi Operasi Satpol PP Kota Balikpapan Subardriyono mengatakan, Pemkot saat ini tengah merutinkan operasi yustisia selepas libur lebaran. Biasanya jumlah pendatang baru meningkat pasca liburan lebaran. Operasi digelar bersama Kepolisian dan TNI di sejumlah pintu-pintu masuk, di antaranya pelabuhan, bandara, terminal dan lainnya.


“Kalau memang dia tidak punya tujuan yang jelas itu yang nanti kita datakan dulu. Kemudian kita upayakan dari pihak keluarga yang memulangkan sendiri setelah melalui sidang. Silahkan saja seluruhnya penduduk dari barat sampai Timur masuk ke Balikpapan tapi kan tentunya harus mengikuti aturan-aturan yang ada,” kata Subandriyono.


Kepala Seksi Operasi Satuan Polisi Pamong Praja Kota Balikpapan Subardriyono menambahkan, tahun lalu ada sekitar 1.000 warga pendatang yang terjaring operasi yustisia kemudian dipulangkan ke kampung halamannya. 


Menurut Subandriyono, pendatang wajib membawa surat surat jalan dan ada jaminan dari keluarganya. Termasuk akan diberi waktu selama tiga bulan dan dipantau aktivitasnya oleh pihak RT dan kelurahan, jika tidak jelas juga akan dipulangkan langsung oleh keluarganya.


Editor: Antonius Eko 

  • pendatang
  • balikpapan
  • kalimantan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!