NUSANTARA

Pemkot Balikpapan Minta Lembaga Amil Zakat Diaudit

Pemkot Balikpapan Minta Lembaga Amil Zakat Diaudit

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur perintahkan Badan Lembaga Amil Zakat diaudit lembaga independen. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, langkah tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Kata dia, Lembaga Amil Zakat juga harus siap memaparkan penggunaan anggaran kepada publik bukan hanya Kementerian Agama sehingga pemanfaatannya tepat sasaran.

“Ya kita memang meminta kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) maupun Lembaga Amil Zakat lainnya harus diaudit ya, oleh akuntan yang independen begitu, supaya masyarakat yakin bahwa dananya itu betul-betul dikelola dengan manajemen keuangan yang baik dan tersalurkan dengan baik. Jangan sampai manajemen keuangan itu, (membuat) masyarat tidak percaya,” kata Rizal Effendi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berharap, berharap program amil zakat juga hendaknya lebih banyak diarahkan kepada program pemberian manfaat dan pemberdayaan, ketimbang program kampanye atau sosialisasi.

Editor: Suryawijayanti 

  • Pemkot Balikpapan
  • zakat
  • audit

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!