NUSANTARA

Pemkot Balikpapan Canangkan Program Rumah Pangan Lestari

Pemkot Balikpapan Canangkan Program Rumah Pangan Lestari

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur mencanangkan Program Rumah Pangan Lestari atau RPL ke masyarakat. Program ini berupa pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk berbagai tanamah seperti cabe, tomat, bawang terong, kacang panjang, sawi dan lainnya.

Asisten Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan, program rumah pangan lestari diharapkan dapat mengantisipasi jika harga komoditas di pasar melonjak. Termasuk mengurangi ketergantungan kebutuhan pangan yang selama ini banyak dipasok dari luar daerah.

“Bahwa RPL kita itu harus sukses, artinya bahwa itu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Karena apa, kalau itu semua kita sosialisasikan, ru,ah tangga punya pilihan-pilihan pangan, otomatis gak terganggu, artinya paling tidak, tidak menambah kebutuhan,” kata Sri Soetantinah.

Asisten Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sri Soetantinah menambahkan, selama ini hampir 100 persen kebutuhan pangan di Balikpapan dipasok dari Jawa dan Sulawesi. Jika terjadi gangguan distribusi langsung menyebabkan harga komoditas tersebut naik. Pemerintah akan menyediakan bibit tanaman pangan dan dibagikan ke lima kecamatan.

Editor: Doddy Rosadi

  • rumah pangan lestari
  • balikpapan
  • program

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!