NUSANTARA

KPU Jatim Ajak Pasangan Calon Gubernur Kedepankan Perdamaian

KPU Jatim Ajak Pasangan Calon Gubernur Kedepankan Perdamaian

KBR68H, Surabaya - Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur memasuki tahapan kampanye, Senin (12/8). 


Ketua KPU Jawa Timur Andry Dewanto Ahmad mengatakan, keempat pasangan sudah diingatkan untuk mengedepankan perdamaian di dalam pesta demokrasi ini. KPU berharap himbauan ini bisa meminimalisir gesekan antarpendukung pasangan calon, yang ingin memenangkan Pilgub Jawa Timur.


“Ada budaya berpikir positif melihat kompetisi dalam pemilu. Bahwa apa pun boleh dilakukan, tetapi ada batas-batas yang disebut dengan peace, atau perdamaian, dalam bahasa arabnya Islah. Bahwa pada akhirnya kompetisi ini akan berujung kepada penghitungan. Kemudian sengketa di meja hijau, di Mahkamah Konstitusi, dan akan tetap dilantik satu pasangan calon. Sehingga upaya politik, credo politik apa pun tetap harus dalam bingkai peace, karena tetap hanya akan ada satu pasangan calon saja yang akan dilantik, bukan empat,” kata Andry. 


Hari ini dimulai masa kampanye Pilgub Jawa Timur diawali dengan pemaparan visi misi calon di depan sidang DPRD Provinsi Jawa Timur. Proses pencoblosan bakal berlangsung 29 Agustus mendatang. 


Keempat pasangan calon yang bersaing yaitu Gubernur petahan Soekarwo berpasanganSaifullah Yusuf. Kemudian pasangan yang berangkat dari jalur perseorangan Eggi Sudjana-Mochamad Sihat, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, serta Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja. 


Editor: Antonius Eko 

  • pilkada
  • jawa timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!