Kelebihan Kapasitas, Rutan Kelas I Surakarta Perketat Pengamanan

KBR68H, Surakarta - Rumah Tahanan Kelas I di Surakarta Jawa Tengah sudah tidak mampu lagi menampung jumlah tahanan. Juru bicara Rutan Klas 1 Surakarta, Beni Hidayat mengatakan jumlah tahanan maupun narapidana di Rutan mencapai 420 orang, melebihi daya t

NUSANTARA

Sabtu, 31 Agus 2013 18:00 WIB

Author

Yudha Satriawan

Kelebihan Kapasitas, Rutan Kelas I Surakarta Perketat Pengamanan

Rutan, narapidana, Lembaga Pemasyarakatan, penjara

KBR68H, Surakarta - Rumah Tahanan Kelas I di Surakarta Jawa Tengah sudah tidak mampu lagi menampung jumlah tahanan.

Juru bicara Rutan Klas 1 Surakarta, Beni Hidayat mengatakan jumlah tahanan maupun narapidana di Rutan mencapai 420 orang, melebihi daya tampung yang ada sekitar 300 orang.

Selain itu, Beni mengatakan jumlah personil keamanan maupun petugas di Rutan Surakarta terbatas.

“sampai saat ini kondisi Rutan Surakarta masih aman, tapi kapasitas Rutan kita 302, sekarang dihuni 420 orang tahanan dan narapidana. Sementara karena situasi kondisi LP dan Rutan di Indonesia sedang menghangat, kami dibantu Polresta menempatkan delapan personil di dalam Rutan," kata Beni Hidayat.

Beni mengatakan jika situasi keamanan LP dan Rutan di Indonesia sudah membaik, maka pengelola Rutan akan mengurangi jumlah anggota polisi yang dilibatkan menjaga Rutan. Meski begitu, polisi tetap akan dilibatkan untuk patroli ke Rutan.

Beni mengatakan pengelola Rutan juga memperketat pengamanan dengan memasang puluhan kamera pengawas (CCTV) dan bekerja sama dengan Polresta Surakarta.

Upaya tersebut untuk mengantisipasi kericuhan maupun kerusuhan yang terjadi di dalam Rutan. Rutan Surakarta berada di tengah kota Surakarta, dikelilingi pemukiman warga, kantor Perbankan, dan dekat Balaikota Surakarta.

Kementerian Hukum dan HAM tengah meningkatkan pengawasan dan pengamanan di seluruh LP dan rumah tahanan, pasca kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Medan dan Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Sumatera Utara.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17