NUSANTARA

Jelang Lebaran, Jatim Siaga Kebakaran

"KBR68H, Jawa Timur - Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Jawa Timur siaga kebakaran selama masa mudik lebaran. Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Chandra Ratna Oratmangun mengatakan, trend peristiwa kebakaran selama masa mudik lebaran biasanya karena hubung"

Jelang Lebaran, Jatim Siaga Kebakaran
kebakaran, jawa timur, lebaran

KBR68H, Jawa Timur - Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Jawa Timur siaga kebakaran selama masa mudik lebaran. Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Chandra Ratna Oratmangun mengatakan, trend peristiwa kebakaran selama masa mudik lebaran biasanya karena hubungan arus pendek listrik. Penyebabnya,  kelalaian warga terhadap instalasi listrik saat meninggalkan rumah.

“Memang arus pendek, arus pendek terbanyak. Kalau tahun lalu karena kemarau, kemarau kering, itu alang-alang. Tapi tahun ini trendnya lebih ke arus pendek listrik,” kata Chandra.

Kebakaran di Kota Surabaya selama Juli 2013 sebanyak 23 kasus, yang sebagian besar disebabkan hubungan arus pendek listrik, serta ledakan tabung gas LPG.

Dinas kebakaran menyarankan agar warga Surabaya yang akan mudik lebaran memperhatikan kondisi keamanan rumah yang akan ditinggal, seperti mematikan listrik yang tidak terpakai.

Langkah antisipasi kebakaran lainnya, melepas regulator tabung gas LPG, serta membersihkan rumah dari sampah yang dapat mengundang tikus, sehingga dapat merusak instalasi kabel listrik.

Editor: Suryawijayanti 

  • kebakaran
  • jawa timur
  • lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!