Harapan Warga Syiah, Rekonsiliasi Berjalan Mulus

KBR68H, Jakarta- Warga syiah di Sampang, Madura Jawa Timur berharap rekonsiliasi diskriminasi warga Syiah di Sampang Madura berjalan lancar.

NUSANTARA

Sabtu, 03 Agus 2013 11:19 WIB

Author

Wiwik Ermawati

Harapan Warga Syiah,  Rekonsiliasi Berjalan Mulus

Warga Syiah, Rekonsiliasi, portalkbr.com

KBR68H, Jakarta- Warga syiah di Sampang, Madura Jawa Timur berharap rekonsiliasi diskriminasi warga Syiah di Sampang Madura berjalan lancar. Pendamping warga Syiah Sampang, Agus Setiawan beralasan Presiden SBY sudah menjanjikan akan memulangkan pengungsi Syiah di GOR Sampang ke desanya. Hanya saja Agus masih menyayangkan Menteri Agama Suryadhama Ali yang sering kali memihak pada kelompok tertentu, sehingga rekonsiliasi warga syiah tak kunjung selesai. (Baca: Kasus Syiah Sampang, Semua Pihak Harus Diajak Dialog)

“Bagaimana dia harus menteri-menteri yang ditugaskan untuk rekonsiliasi, yang kedua presiden harus harus memantau perkembangan penempatan pasukan keamanan semantara di sana, beredar isu pasukan keamanan di sana sedang jenuh,” kata Agus Saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya Pemerintah menjadwalkan pertemuan rekonsiliasi pengungsi Syiah Sampang digelar sebelum hari raya Idul Fitri. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, pertemuan itu bakal membahas jaminan keamanan terhadap warga Syiah jika kelak mereka dikembalikan ke kampung halamannya di Dusun Nangkernang.

Sejak Juni lalu, 200-an warga Syiah Sampang Madura direlokasi paksa pemerintah setempat dan aparat kepolisian. Kini mereka telah berada di Rumah Susun Argo di Sidoarjo. (Baca: Warga Syiah Sampang Ingin Berlebaran di Kampung Halaman)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18