Gelandangan Pengemis di DKI Akan Dimodali Rp10 Juta

KBR68H, Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta akan memberikan modal usaha kepada warga Jakarta yang menjadi gelandangan dan pengemis. Modal usaha itu akan diberikan khusus pengemis dan gelandangan ber-KTP DKI yang tertangkap Satpol PP pada Ramadan lalu.

NUSANTARA

Sabtu, 10 Agus 2013 13:51 WIB

Author

Danu Mahardika

Gelandangan Pengemis di DKI Akan Dimodali Rp10 Juta

Gelandangan, pengemis, DKI, Dinas Sosial, KUBe

KBR68H, Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta akan memberikan modal usaha kepada warga Jakarta yang menjadi gelandangan dan pengemis.

Modal usaha itu akan diberikan khusus pengemis dan gelandangan ber-KTP DKI yang tertangkap Satpol PP pada Ramadan lalu.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Kian Kelana mengatakan mereka akan dikelompokan dan diberi modal usaha Rp 10 juta.

Namun sebelum diberikan modal usaha, pengemis itu akan dilatih di Panti Rehabilitasi Dinsos Jakarta.

"Kalau penduduk Jakarta kena razia, nanti kita beri pelatihan. Kita akan beri kelompok usaha bersama dan kita beri dana. Itu Kalau memang dia orang Jakarta," kata Kian Kelana kepada KBR68H.

"Kita beri mereka usaha supaya mandiri. Kita kasih permodalan, namanya Kelompok Usaha Bersama atau KUBe. Satu KUBe itu 10 orang, nanti kita kasih modal Rp10 juta. Itu mereka bisa untuk modal kerja, modal dagang," kata Kian Kelana menambahkan.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Kian Kelana menambahkan selama Ramadan bulan lalu ada seribu lebih pengemis dan gelandangan yang tertangkap.

Kebanyakan mereka yang tertangkap mempunyai Kartu Tanda Penduduk Jakarta. Sementara gelandangan yang tidak mempunyai KTP akan dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Ngobrol Serius, Tapi Santai: Tips Hadapi Hoax dan Hate Speech

Podcast Kita: Kekerasan terhadap Perempuan

Smara on 7 Podcast

Podokasi: Podcast Edukasi

Kabar Baru Jam 18