NUSANTARA

Bawaslu: Belum Ada Laporan Kecurangan Pilgub Jatim

"Bawaslu: Belum Ada Laporan Kecurangan Pilgub Jatim"

Bawaslu: Belum Ada Laporan Kecurangan Pilgub Jatim
bawaslu, pilgub jatim

KBR68H, Jakarta- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengklaim penyelenggaraan pemilihan Gubernur Jawa Timur hari ini berjalan sukses. Anggota Bawaslu pusat Nelson Simanjuntak mengatakan, hal itu dibuktikan dengan tak adanya laporan dari masyarakat tentang kecurangan penyelengaraan pilgub. Bawaslu kata dia, ikut memantau langsung jalannya pilgub bersama Bawaslu Jatim.

"Tidak ada kami temukan pelanggaran karena kondisi TPS-TPSnya pun cukup baik. Pemilih bisa memilih dengan rahasia dan langsung. Tidak ada masalah yang ada di sana, misalnya perlengkapan pemungutan suara lengkap, aturan lain seperti pemasangan foto calon pasangan juga ada, DPT juga ada. Memang ada di satu dua TPS yang tidak ditempelkan. Tapi hal itu tidak mengganggu jalannya pemungutan suara," ujarnya kepada KBR68H.

Anggota Bawaslu Pusat Nelson Simanjuntak menambahkan, masyarakat diminta tetap melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama pemungutan suara berlangsung. Berdasarkan sejumlah penghitungan cepat lembaga survei, pasangan incumbent atau petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf berhasil unggul dari pasangan calon lainnya. 


Lingkaran Survei Indonesia LSI misalnya mencatat pasangan nomor  urut satu itu meraup 47,91 persen. Saingan terberatnya adalah Kofifah Indarparawangsa  meraup 37,76 persen. Dengan begitu Soekarwo dan pasangannya dipastikan menang satu kali putaran.

Editor: Suryawijayanti

  • bawaslu
  • pilgub jatim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!