NUSANTARA

80 Warga di Zona Merah Gunung Rokatenda Dievakuasi

"KBR68H, Jakarta - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengevakuasi 80 warga yang berada di Zona Merah Gunung Rokatenda."

Indra Nasution

80 Warga di Zona Merah Gunung Rokatenda Dievakuasi
zona merah, gunung rokatenda, warga dievakuasi


KBR68H, Jakarta - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengevakuasi 80 warga yang berada di Zona Merah Gunung Rokatenda. Kepala BPBD NTT Tini Thadeus mengatakan, evakuasi berhasil dilakukan setelah timsar melobi masyarakat untuk meninggalkan daerah mereka. Sementara masih ada seratusan warga yang tak mau diungsikan dari zona merah bencana.

"Malam ini akan dijemput 80 jiwa, dan kemudian besok pagi akan sampai, dan masih akan diadvokasi lagi, di ingatkan lagi yang ada di jalur merah, mereka itu karena cara pandang tadi, yang usia 50 tahun keatas akan bertahan di jalur merah karena ini tanah tumpah darah dan leluhur," kata Tini kepada KBR68H

Kemarin, Gunung Rokatenda di Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus. Enam orang tewas tersapu awan panas. Sejak sembilan bulan lalu sekira 3 ribu orang sudah mengungsi di dua tempat yakni di pengungsian di Maurole Kabupaten Ende dan Maumere ibukota Kabupaten Sikka. Namun masih ada 500 orang yang belum mengungsi, yakni yang berada di dekat kawah gunung. Mereka menolak mengungsi karena ingin menjaga rumahnya.

Editor: Doddy Rosadi

  • zona merah
  • gunung rokatenda
  • warga dievakuasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!