Bagikan:

Toleransi Salam-Sarani di Ambon Menjelang Iduladha

Simbol kehidupan toleransi antar-umat beragama di sana.

NUSANTARA

Kamis, 07 Jul 2022 08:43 WIB

Toleransi Salam-Sarani di Ambon Menjelang Iduladha

Ketua MPH Sinode GPM Pdt E.T Maspaitella (dua dari kanan) berbincang dengan Imam Besar Masjid Al Fatah Haji R. Hasanussi usai penyerahan kurban. Foto:KBR/Vano

KBR, Ambon- Panitia Hari Besar Gerejawi Sinode Gereja Protestan Maluku (PHBG-GPM) menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada umat Muslim di Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon, Rabu, 06 Juli 2022.

Hewan kurban tersebut diserahkan langsung Ketua MPH Sinode GPM, Pendeta Elifas Tomix Maspaitella dan diterima Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah, Haji R. Hasanussi, di halaman masjid.

Pendeta Elifas Tomix Maspaitella mengatakan ia mewakili seluruh Jemaat dan Pelayan Gereja Protestan Maluku, turut bersukacita atas perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Sumbangan hewan kurban kepada warga Muslim di Kota Ambon bukan kali ini saja, tetapi dilakukan setiap tahun oleh Sinode GPM. Menurutnya, penyerahan hewan kurban ini simbol kehidupan toleransi antar-umat beragama di sana.

"Ini bukan soal rutin kita lakukan, tetapi ada nilai persaudaraan di dalamnya, dan itu harus menjadi materi edukasi kepada semua umat beragama,” kata Maspaitella, Rabu, (06/7/2022).

Penyerahan hewan kurban ini juga sebagai simbol untuk mempererat ikatan persaudaraan Salam-Sarani (Islam dan Kristen) di Maluku, khususnya di Kota Ambon.

"Dan saya yakin di dalam ajaran agama manapun memberi rela berkorban saling tolong menolong dijadikan nilai bersama untuk hidup, kalau pada sisi itu kita bisa bertemu kenapa kita tidak mengefektifkan perjumpaan-perjumpaan seperti itu," ujarnya.

Penyerahan hewan kurban diharapkan menjadi bukti dan komitmen bersama untuk memelihara perdamaian yang sudah dibangun selama ini. 

Tujuannya antara lain agar semua umat beragama tetap saling menjaga dan menghormati satu sama lain, terlebih dalam mewujudkan panggilan agama yang membawa damai.

Selain itu kata dia, penyerahan hewan kurban ini merupakan gambaran dari sikap umat beragama yang selalu berbagi dan tolong menolong. Ia berharap, hewan kurban itu bermanfaat.

Harapan dan Terima Kasih

Sementara itu, Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah, Haji R. Hasanussi turut menyampaikan rasa terima kasih saat menerima sapi kurban dari Sinode GPM.

Kata dia, setiap tahun Sinode GPM selalu berpartisipasi dalam perayaan Iduladha. Ia berharap, persaudaraan yang dibangun para leluhur terus tetap terjalin setiap hari.

"Atas nama umat Muslim di Kota Ambon, dan atas nama jemaah Masjid Raya Al-Fatah, kami mengucapkan syukur, Alhamdulilah, dan terima kasih kepada GPM yang telah peduli dengan hari Raya Iduladha," ungkap Hasanussi.

Acara itu juga dihadiri Sekretaris Umum MPH Sinode GPM Pdt. Izhak Sapulette, dan Ketua PHBG Bodewin Watimena yang juga penjabat wali kota Ambon.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending