Bagikan:

Sopir Bupati Nduga Jadi Korban Kelompok Bersenjata Papua

Seorang warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjadi korban penembakan kelompok bersenjata di Papua. Warga itu bernama Mahmud Ismaun, sopir bupati Nduga.

NUSANTARA

Senin, 18 Jul 2022 13:19 WIB

Sopir Bupati Nduga Jadi Korban Kelompok Bersenjata Papua

Keluarga di depan peti jenazah Mahmud Ismaun korban penembakan kelompok bersenjata di Papua, Minggu, 17 Juli 2022. Foto: KBR/Aldrim Thalara

KBR, Kota Palu- Seorang warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjadi korban penembakan kelompok bersenjata di Papua yang terjadi pada Sabtu, 16 Juli 2022. Warga itu bernama Mahmud Ismaun yang bekerja sebagai sopir bupati Nduga.

Sejak mendengar kabar penembakan tersebut, keluarga almarhum Mahmud Ismaun mulai mempersiapkan rumah duka di Kota Palu. Jenazah korban sebelumnya telah dievakuasi dari Kabupaten Nduga, kemudian dibawa ke Timika, dan transit di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari makassar, pengantaran sempat terlambat hingga diperkirakan akan sampai di Palu, Senin, 18 Juli 2022. Namun, setelah melewati berbagai proses, peti jenazah langsung dibawa ke Palu menggunakan pesawat komersil.

Peti jenazah tiba di Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri pada Minggu sore, 17 Juli 2022, sekitar pukul 17:00 Waktu Indonesia Tengah. Dari bandara, peti Jenazah langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan.

Rumah duka berada di Jalan Tanjung Angin Lorong 3. Di rumah itu, almarhum tinggal bersama istri dan empat orang anak. Menurut istri alamarhum Nur Aisyah, Mahmud tinggal di Papua sekitar 1,2 tahun, sebelum menjadi korban penembakan kelompok bersenjata Papua.

Di Papua, Mahmud bekerja sebagai sopir bupati Nduga. Semasa hidupnya almarhum sempat berkeinginan pulang ketika selesai membiayai kuliah anak bungsunya.

"Jadi sopir. Sopir bupati. Itu biasa dia cuma dengar anaknya. Anaknya kuliah. Dia bilang kalau belum tuntas anaknya kuliah dia belum pulang," kenang istri almarhum, Minggu, 17 Juli 2022.

Langsung Dimakamkan

Di rumah duka telah dibangun satu tenda untuk para pelayat, serta kain putih di ujung Lorong sebagai penanda rumah duka. Keluarga dan kerabat terus berdatangan ke rumah almarhum sejak Minggu pagi, (17/07), sembari menunggu kedatangan jenazah.

Pihak keluarga berencana akan langsung memakamkan jenazah di pekuburan keluarga Jalan Anoa, Kota Palu, Senin, 18 Juli 2022.

"Kami dari kemarin setelah mendengar informasi, bahwa salah satu keluarga kami, Paman saya bahwa tertembak oleh KKB di Nduga Papua. Makanya setelah mendengar kabar dan berkumpul, kami menunggu kedatangan mayat," jelas Didi Bakran perwakilan keluarga.

Informasi yang diterima keluarga, Mahmud Ismaun menjadi korban terakhir yang ditemukan pasca-penyerangan kelompok kriminal di Papua. Selain Mahmud Ismaun ada korban lain yang juga dipulangkan ke kampung halamannya.

Baca juga:

Penanganan Kelompok Bersenjata, Polda Papua Gunakan Pendekatan Humanis

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending