Bagikan:

Pengunjung Dibatasi di Acara Ruwat Rambut Gimbal Dieng Culture Festival

Karena lokasi Ruwat Rambut Gimbal yang berada di Kompleks Candi Arjuna...

NUSANTARA

Rabu, 06 Jul 2022 14:39 WIB

Pengunjung Dibatasi di Acara Ruwat Rambut Gimbal Dieng Culture Festival

Ilustrasi: Lokasi Ruwat Rambut Gimbal di Dieng, Jawa Tengah. Foto: jatengprov.go.id

KBR, Banjarnegara– Pengunjung acara Ruwat Rambut Gimbal dibatasi hingga maksimal 4 ribu orang. Ruwat Rambut Gimbal merupakan puncak acara Dieng Culture Festival (DCF) XIII 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Agung Yusianto beralasan pembatasan dilakukan lantaran saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19. 

Faktor lain adalah, karena lokasi Ruwat Rambut Gimbal yang berada di Kompleks Candi Arjuna, Dieng, luasnya juga terbatas.

"Pengalaman DCF kemarin, untuk sementara kita batasi terlebih dahulu, ketika menyaksikan, yaitu di angka kurang lebih sebanyak 4.000 pengunjung. Kemudian, terkait dengan persiapan, ya, tentunya ini masih menjadi permasalahan laten," kata Agung Yusianto kepada KBR, Rabu, 06 Juli 2022.

Agung menambahkan, Pemkab Banjarnegara juga telah berkoordinasi dengan dinas perhubungan dan kepolisian untuk mengantisipasi potensi kemacetan lalu lintas di Dieng.

Baca juga:

Sebab, sejak pariwisata dibuka pada Lebaran 2022, kemacetan selalu terjadi, terutama saat kunjungan wisatawan melonjak. Apalagi, agenda DCF selalu diserbu puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu wisatawan.

"Karena, memang secara infrastruktur karena jalur lalu lintas masih sangat terbatas, karena itu pasti akan terjadi (permasalahan) sehingga butuh pengaturan lalu lintas," katanya.

Meski ada pembatasan pengunjung di acara Ruwat Rambut Gimbal, wisatawan tetap bisa mengikuti agenda menarik lain. Misalnya, penerbangan lampion. Kata Agung, kali ini jumlah lampion relatif lebih banyak, karena berada di lokasi lebih luas.

Sebagai sarana penunjang, kepanitiaan DCF 2022 juga menyiapkan kantong-kantong parkir di jalur yang berdekatan dengan lokasi. Area-area parkir itu berada di sejumlah lokasi di kawasan Candi Arjuna, Dieng.

Kantong parkir disediakan untuk mengantisipasi kemacetan, akibat banyaknya kendaraan yang diparkir di pinggir jalan. DCF 2022 digelar tiga hari mulai 2-4 September 2022.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending