Bagikan:

Gunung Raung Erupsi, Penerbangan di Banyuwangi Tetap Normal

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Kamis pagi hingga siang ini, landasan pacu dinyatakan aman dari paparan abu vulkanik dan bisa digunakan untuk aktivitas penerbangan,"

NUSANTARA

Kamis, 28 Jul 2022 15:24 WIB

Gunung Raung Erupsi, Penerbangan di Banyuwangi Tetap Normal

Gunung Raung terlihat dari Desa Gunung Malang, Jember, Jatim. Rabu (27/7/22) kemarin, Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik. (Foto: Antara/Seno)

KBR, Banyuwangi - Aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, hingga kamis (28/7/2022) siang masih berjalan mormal, paskaerupsi Gunung Raung yang terjadi Rabu (27/7/2022) sore kemarin.

Executif General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Banyuwangi, Indra Gunawan mengatakan, di kawasan Bandara Banyuwangi, tetap aman dan tidak terganggu debu vulkanik Gunung Raung, hingga Kamis pagi tadi.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Kamis pagi hingga siang ini, landasan pacu dinyatakan aman dari paparan abu vulkanik dan bisa digunakan untuk aktivitas penerbangan," katanya di Banyuwangi, Kamis (28/7/2022).

Ia mengatakan, PT Angkasa Pura melakukan pemeriksaan landasan pacu atau runway bandara setiap 2 jam sekali, guna mengetahui apakah debu vulkanik erupsi Gunung Raung masuk bandara atau tidak.

"Untuk saat ini kita rutin. Hari ini dan kemarin nilainya sama dengan sebelumnya, jadi tidak masuk debu ke area bandara,” jelas dia.

Baca juga: Gunung Raung Erupsi, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 1500 Meter

Saat ini, ada dua maskapai yang beroperasi di Bandara Banyuwangi, yaitu dari maskapai Citilink dan Batik Air yang melayani rute Banyuwangi-Jakarta pulang pergi.

Indra Gunawan menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG Banyuwangi, debu vulkanik erupsi Gunung Raung mengarah ke barat daya yaitu di wilayah Jember dan Bondowoso.

"Sehingga ruang udara Banyuwangi masih dinyatakan clear atau aman dari paparan abu vulkanik Gunung Raung," pungkas dia.

Rabu (27/7/2022) sore kemarin, Gunung Raung yang berada di perbatasan empat kabupaten yaitu Banyuwangi, Jember dan Bondowoso mengalami erupsi.

Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo menyebut, abu vulkanik dari erupsi Gunung Raung mengarah ke Jember dan Bondowoso.

Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending