Bagikan:

Gunung Raung Erupsi, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 1500 Meter

Erupsi gunung api Raung menyemburkan abu vulkanik setinggi 1500 meter dari puncak gunung. Abu menyembur ke arah Kabupaten Bondowoso dan Jember.

NUSANTARA

Rabu, 27 Jul 2022 23:14 WIB

Gunung Raung erupsi

Citra satelit Gunung Raung di Jawa Timur, 26 Juli 2021. (Foto: Google Earth/Maxar Technologies)

KBR, Banyuwangi - Gunung Raung erupsi pada Rabu (27/7/2022) petang. Gunung api yang berada di Jawa Timur, ini mengeluarkan asap berwarna cokelat membumbung tinggi ke angkasa.

Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo melalui pesan singkatnya membenarkan Gunung Raung erupsi.

Gunung Raung terletak di perbatasan tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso itu. Pada Rabu sore, abu vulkanik menyembur setinggi 1500 meter dari puncak gunung.

Mukijo mengatakan Gunung Raung erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada kurun waktu pukul 17.19 hingga 17.28 WIB.

Dari laporan sementara, abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke Kabupaten Bondowoso dan Jember atau mengarah ke barat daya.

"Betul Gunung Raung erupsi, abu vulkaniknya mengarah ke barat daya," ucap Mukojo melalui pesan singkat yang diterima KBR, Rabu (27/7/2022) malam.

Baca juga:

Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo menambahkan, meski mengalami erupsi, status gunung api type stromboli itu masih berada di Level 1 atau normal.

Mukijo mengatakan hingga Rabu malam belum terekam ada erupsi susulan. Ia mengimbau masyarakat tetap tenang.

Gunung Raung memiliki kaldera atau cekungan yang terbuntuk akibat runtuhnya bagian gunung, dengan kedalaman sekitar 500 meter. Kaldera ini selalu berasap serta sering menyemburkan api.

Gunung Raung termasuk gunung api tua dengan kaldera yang berada di puncak dan dikelilingi dengan banyak puncak kecil.

Gunung Raung tercatat pertama kali erupsi pada 1586. Gunung ini memiliki karakter letusan yang bersifat eksplosif. Gunung ini memiliki potensi bahaya berupa luncuran awan panas dan lontaran material.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending