HEADLINE

Warga Yogya: Kawan-kawan Papua Tenang, Kami Malah Takut dengan Polisi

Warga Yogya: Kawan-kawan Papua Tenang, Kami Malah Takut dengan Polisi

KBR, Jakarta - Warga di sekitar Asrama Mahasiswa Papua, Kamasan I, Yogyakarta mengaku kebingungan dengan penjagaan polisi di sekitar kawasan tersebut. Pasalnya, menurut salah satu warga setempat, Dodo, Mahasiswa Papua dalam kondisi tenang di dalam asrama. Namun situasi seolah dibuat mencekam melalui kehadiran aparat kepolisian dalam jumlah bersar.

"Beberapa warga juga takut dengan polisi karena banyak dari mereka bersenjata lengkap, seperti mau menangkap teroris, dari pagi sampai malam berjaga," cerita Dodo saat dihubungi KBR, Sabtu (16/6/2016) malam.

Tak hanya itu, lanjutnya, polisi juga menutup akses jalan menuju asrama. Sehingga menurut warga Desa Muja Muju, Kecamatan Umbul harjo ini, bantuan logistik yang digalang warga sekitar untuk mahasiswa yang tertahan di dalam asrama menjadi terhambat.

"Kami juga menggalang bantuan, bahkan kami bingung karena pasokan makanan tidak masuk. Mobil PMI yang digunakan untuk mengirim kebutuhan logistik juga dicegat di luar oleh aparat," jelas Dodo yang juga aktif di Forum Gerakan Jogya Asat Jogya Ora Didol tersebut.

Baca Juga:

Dodo yang tinggal sekitar 30 meter dari area asrama itu mengaku khawatir dengan tindakan polisi yang dinilainya cenderung berlebihan. Ia malah mengaku cemas jika nanti terjadi keributan yang meresahkan warga.

"Ketakutan saya secara pribadi, nanti jika polisi bertindak agak keras, kemudian pihak mahasiswa mengamuk," kata Dodo.

Ia pun melanjutkan, "saat ini di mana warga tahunya ini merupakan masalah antar warga negara,  polisi datang terlalu banyak dan berlebihan. Padahal, kawan-kawan Papua di dalam yang kami dengar beberapa hari belakangan tidak ngapa-ngapain."

Baca Juga: Polisi Kepung Asrama Mahasiswa Papua di Yogyakarta

Dalam beberapa waktu terakhir, kata dia, sekitar dua peleton polisi--di mana satu peleton terdiri atas 30 hingga 50 orang--didatangkan ke sekitar lokasi Asrama Mahasiswa Papua, Kamasan I, di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta.

"Tapi warga pun tidak mengetahui tujuan kehadiran polisi tersebut. Kalau mau mendekat dan cari tahu ditakut-takuti: nanti dilempar batu," pungkasnya.




Editor: Nurika Manan

  • mahasiswa Papua di Yogyakarta
  • Polisi Kepung asrama amahasiswa papua
  • Asrama Mahasiswa Papua
  • pengepungan Asrama mahasiswa Papua
  • Warga Yogyakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!