Warga Nunukan Ber-KTP Malaysia, Dinas Kependudukan Janji Permudah Layanan KTP

"Pada 30 sampai 5 Agustus, Pemkab Nunukan dan Pemprov akan kesana, selama satu minggu di Lumbis Ogong untuk melayani KTP Elektronik."

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 22 Jul 2016 17:01 WIB

Author

Adhima Sukotjo

Warga Nunukan Ber-KTP Malaysia, Dinas Kependudukan Janji Permudah Layanan KTP

Seorang warga menunjukkan KTP elektronik. (Foto: static.banyumaskab.go.id)



KBR, Nunukan - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara berjanji akan memberikan layanan pengurusan KTP langsung cetak bagi lima desa di wilayah perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong.

Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Nunukan Samuel Parangan mengatakan, sulitnya moda transportasi dari wilayah perbatasan ke kota kabupaten membuat warga kesulitan mengurus administrasi kependudukan.

"Nanti tanggal 30 sampai 5 Agustus kami kerja sama dengan provinsi akan kesana selama satu minggu di Lumbis Ogong, khususnya  di Tao  Lumbis dan Labang. Itu mengadakan perekaman KTP Elektronik bagi masyarakat terutama yang belum perekaman," ujar Samuel Parangan, Jum’at, (22/7/2016)

Samuel Parangan menambahkan, sebanyak 20 persen dari warga wajib KTP di Kecamatan Lumbis Ogong yang berjumlah 5,000 belum memiliki KTP karena tingginya biaya transportasi ke Kecamatan atau ke ibu kota kabupaten.

Sebagian warga Kecamatan Lumbis Ogong mengaku memiliki KTP Malaysia karena mengurus KTP Malaysia lebih mudah. Apalagi bagi warga perbatasan yang memiliki KTP Malaysia akan mendapat tunjangan.

Bantuan Rakyat Malaysia (BRM) sebesar 1000 ringit untuk warga berusia 18 tahun dan 600 ringgit untuk warga berusia lanjut.

Baca: Demi Ekonomi, Warga Perbatasan Nunukan Terpaksa Miliki KTP Malaysia

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 7

Ragam Bisnis Sustainable Fashion

Kabar Baru Jam 8

Akses Kesehatan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas termasuk Orang dengan Kusta