BERITA

Tol Samarinda-Bontang Segera Dibangun

"Jalan Tol Samarinda–Bontang ini akan menjadi bagian dari rencana pembangunan jalan tol di Kalimantan Timur sepanjang 323 km."

Tol Samarinda-Bontang Segera Dibangun
Ilustrasi pembangunan jalan tol. Foto: Antara

KBR, Balikpapan- Jalan tol Samarinda-Bontang, sepanjang 94 kilometer segera dibangun. Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Timur, Zairin Zain mengatakan, saat ini sedang dibuat desain pembangunan untuk mengetahui apakah jalan tol akan menerabas hutan lindung atau tidak.

Menurutnya, jika melewati hutan lindung, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk izin pinjam pakai hutan lindung.

“Kita menggunakan pinjam pakai yang ada, berapa yang kita butuhkan. Tapi Dinas Kehutanan minta kalau dalam hutan lindung paling tidak hanya jangan sampai mengambil habis, biasa 100 meter mungkin hanya 50 meter untuk tol,” kata Zairin Zain.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol Samarinda–Bontang diperkirakan mencapai Rp9 triliun yang akan menggunakan dana APBD Kalimantan Timur, APBN maupun investor.

Jalan Tol Samarinda–Bontang ini akan menjadi bagian dari rencana pembangunan jalan tol di Kalimantan Timur sepanjang 323 km, meliputi ruas jalan Balikpapan-Samarinda, Samarinda–Bontang, Sangatta–Maloy.

Editor: Sasmito 

  • tol samarinda-bontang
  • kalimantan timur
  • hutan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!