BERITA

Ribuan Penganut Islam Kejawen di Banyumas dan Cilacap Berlebaran Jumat Ini

"Tahun ini adalah tahun jim sehingga lebaran Idul Fitri tiba di hari Jumat Wage ini."

Ribuan Penganut Islam Kejawen di Banyumas dan Cilacap Berlebaran Jumat Ini
Penganut Kejawen di Kalikudi melaksanakan ritual bekten di Pasemuan. Bekten adalah ritual sungkem kepada kaum yang lebih dituakan. Foto: KBR/Muhamad Ridlo

KBR, Cilacap–  Ribuan penganut Islam kejawen yang tersebar di sejumlah daerah di Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah berlebaran hari Jumat ini (8/7/2016).

Pemangku  Adat Paguyuban Resik Kubur Rasa Sejati (PRKRS) Kalikudi Kabupaten Cilacap, Kunthang Sunardi menjelaskan paguyuban menggunakan penanggalan Alif Rebo Wage (Aboge) yang berbeda dengan penanggalan Alif Selasa Pons (Asapon) yang jamak digunakan mayoritas muslim dan pemerintah. Dia menjelaskan, tahun ini adalah tahun jim sehingga lebaran Idul Fitri tiba di hari Jumat Wage ini.

“Sekarang hari ini, Jumat. Jim akhir itu jatuh di hari Jumat Wage. Sekarang ramai sekali di Pasemuan (rumah ibadah kejawen-red) pada silaturahmi. Perhitungannya memakai ram siji patokannya. Umpamanya, tahun alip, je, dal, maka jika tahun alip, alip bo ge, bisa tidak bisa maka lebarannya jatuh di hari Rabu Wage, begitu. Begitu seterusnya diurut sampai tahun Be. Karena di rumus Aboge itu seperti itu, berbeda dengan rumus Asapon,”jelasnya.

Kunthang menambahkan, almanak Aboge menggunakan metode kalender delapan tahunan atau sewindu dengan kalender rotasi bulan (kalender qomariyah). Setelah delapan tahun, perhitungannya dikembalikan lagi ke perhitungan awal.

Sama dengan Paguyuban Resik Kubur Rasa Sejati, penganut Aboge di Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas juga berlebaraan hari ini. Juru Kunci Masjid Saka Tunggal Cikakak, Sulam mengatakan sekira 5000-an jiwa penganut Aboge di Desa Cikakak melaksanakan shalat ‘Ied pada Jumat ini.

Sulam menjelaskan kalender Aboge terdiri dari hari dan pasaran pertama pada tahun Alif jatuh pada Rabu Wage (Aboge), tahun Ha pada Ahad/Minggu Pon (Hakadpon), tahun Jim Awal pada Jumat Pon (Jimatpon), tahun Za pada Selasa Pahing (Zasahing), tahun Dal pada Sabtu Legi (Daltugi), tahun Ba/Be pada Kamis Legi (Bemisgi), tahun Wawu pada Senin Kliwon (Waninwon), dan tahun Jim Akhir pada Jumat Wage (Jimatge).

Ribuan penganut Islam Kejawen tersebar di Kabupaten Banyumas dan Cilacap. Di Banyumas, konsentrasi penganut islam kejawen berada di Cikakak Kecamatan Wangon dan Pakuncen Kecamatan Jailawang. Sedangkan di Cilacap, jumlah penganut Islam kejawen berada di Kecamatan Adipala, Kroya, Cilacap selatan, dan Gandrungmangu. (mlk)

  • Islam Kejawen
  • lebaran
  • cilacap
  • Banyumas

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • seman8 years ago

    Ajaran sesat

  • anang7 years ago

    GURAH BATAM (Hp. 0856 6830 3029) GUN PAKARE buka Praktek Terapi GURAH di Batam sejak Tahun 2002 dengan tujuan untuk melestarikan GURAH tersebut agar tidak punah...dan hanya fokus pada pelayanan TERAPI GURAH TETES HIDUNG, agar dalam pelayanan Terapi GURAH benar-benar bisa optimal, serta... sudah RIBUAN Pasien yang telah ditanganinya... yang datang dari dalam kota, luar kota, luar pulau, bahkan dari manca Negara. GURAH adalah...proses pembersihan organ tubuh dari berbagai lendir negatif yang merugikan organ tubuh secara alami...dengan cara meneteskan ramuan Gurah ke dalam hidung. GURAH merupakan cara terapi tradisional yang diwariskan oleh para leluhur dari tanah JAWA...dan lebih dikenal khususnya oleh kalangan pertapa (ahli Meditasi), Pesilat, Dalang dan Pesinden sebagai upaya untuk membantu meringankan olah nafas (nafas panjang), suaranya nyaring dan kuat, serta...dimanfaatkan oleh sebagian Guru mengaji untuk menggurah para santrinya agar suaranya bagus dan merdu dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran...yang kemudian belakangan ini sangat marak dikenal dan dilakukan oleh para Penyanyi. Selain bermanfaat untuk perawatan suara dan untuk perawatan kesehatan organ tubuh dari berbagai lendir yang bersifat negatif... Ber-GURAH juga sangat bermanfaat untuk membantu meringankan pengobatan berbagai penyakit, diantaranya...Batuk Menahun, Pilek Menahun, Sinusitis, Pusing Menahun, Perokok berat, dll. Tetapi hal ini hanya berdasarkan bukti empiris hasil pengalaman praktek yang telah saya lakukan bertahun-tahun sejak Tahun 2002 s/d saat ini. Bagi anda yang membutuhkan bantuan jasa Terapi GURAH,URUT URAT SYARAF, BEKAM DAN SUPRANATURAL silahkan Hubungi GUN PAKARE (Ahli Terapi Tradisional Batam) di No Hp. 0856 6830 3029

  • Amir Dewana4 years ago

    Test test dulu. Komentar menyusul.