Puncak Arus Mudik, 63 Ribu Lebih Penumpang Menyebrang Melalui Pelabuhan Gilimanuk

Puncak arus mudik Lebaran 2016 dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur terjadi hari ini Sabtu (2/7/2016).

BERITA , NUSANTARA

Sabtu, 02 Jul 2016 14:55 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Puncak Arus Mudik, 63 Ribu Lebih Penumpang Menyebrang Melalui Pelabuhan Gilimanuk

Ilustrasi: Sejumlah pemudik berada di atas kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Puncak arus mudik Lebaran 2016 dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur terjadi hari ini Sabtu (2/7/2016).  Pemudik dari Pulau Bali terus memadati Pelabuhan Gilimanuk sejak Jumat kemarin (1/7/2016) sore atau H-5 Lebaran.

General Manager PT ASDP Indonesia Fery Ketapang, Muhammad Yusuf Hadi mencatat, lonjakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Ketapang sudah terpantau sejak Jumat sore. Mengingat, telah memasuki libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2016.

"Terjadi kenaikan 9 persen bervariasi dengan segmen yang lain 2 persen. secara agregat kami prediksikan akan naik 6 persen," jelas Muhammad Yusuf Hadi di Banyuwangi, Sabtu (2/7/2016).

Kendaraan yang menyeberang di Selat Bali kata Yusuf,  didominasi kendaraan roda dua. Ini lantaran sebagian besar pemudik yang bekerja di Bali menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halamannya, di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Sementara berdasarkan data produksi di posko mudik Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi tercatat, sejak Jumat kemarin atau H-5 hingga H-4 lebaran ini sebanyak 212 perjalanan berlangsung di Pelabuhan Gilimanuk. Sementara kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit dan lebih dari 63 ribu penumpang telah diseberangkan. Angka ini naik enam persen dari tahun lalu yang tercatat sekitar 60 ribu orang.

"Puncak di H-4 di H-4 dipreiksikan hari Sabtu ini. Kapal yang beroperasi 32 unit, 20 unit di MB dan 12 unit di LCM. Sudah terus sampai dengan saat ini polanya 32," imbuh Yusuf.

Sedangkan kendaraan roda dua yang telah diseberangkan tercatat mencapai 13 ribu unit lebih. Sementara kendaraan roda empat sebanyak 6000 unit atau naik sekitar 17 persen dari angka tahun lalu yakni 5000 unit kendaraan.

Sementara, antrean kendaraan pemudik yang hendak masuk ke Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, mencapai tiga kilometer.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pemerintah Dinilai Lamban Antisipasi Gagal Panen di Musim Kemarau

Menyiasati Mahalnya Biaya Pendidikan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13