Puncak Arus Balik Lebaran di Ketapang Diprediksi Terjadi Pada Sabtu

PT ASDP mengoperasikan 29 armada kapal dari total 52 unit kapal yang disiagakan.

BERITA , NUSANTARA

Kamis, 07 Jul 2016 08:39 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Puncak Arus Balik Lebaran di Ketapang Diprediksi Terjadi Pada Sabtu

Pelabuhan Ketapang. Foto: Antara

KBR, Banyuwangi - Puncak arus balik di Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Bali diprediksi terjadi pada H+4 atau hari Sabtu (9/7/2016). Sebab perusahaan swasta dan instansi pemerintah mulai masuk kerja pada Senin (11/7/2016).

Juru bicara PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang-Gilimanuk, Shandi Nugroho mengatakan, hingga H+ 2 Lebaran ini, kondisi penyeberangan masih lancar. PT ASDP mengoperasikan 29 armada kapal dari total 52 unit kapal yang disiagakan.

Kata Shandi, diperkirakan kepadatan di Pelabuhan Ketapang akan terjadi mulai Jumat malam (8/7/2016). Biasanya penumpang yang balik lebih banyak menyeberang ke Pulau Bali pada malam hari yang didominasi oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

“Perkiraan arus balik mungkin hari Sabtu –Minggu depan, soalnya mereka kan sudah beraktivitas kembali. Jadi prediksi dari kami dimulai dari hari Sabtu pagi itu, yang akan mungkin balinya dari Ketapang ke Gilimanuk,” kata Shandi Nugroho (7/7/2016).

Juru bicara PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang-Gilimanuk Shandi Nugroho menambahkan, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi puncak arus balik. Diantaranya dengan menyiapkan kantong-kantong parkir untuk mengurai kemacetan dan penumpukan kendaraan di area parkir pelabuhan, serta menambah loket penjualan tiket untuk penumpang.

PT ASDP berharap cuaca dan gelombang laut tenang di perairan Selat Bali, sehingga jasa penyeberangan selama arus balik Lebaran berjalan lancar dan semua pemudik bisa diseberangkan ke Pelabuhan Gilimanuk tanpa kendala.

Pihak ASDP Ketapang menyiagakan sebanyak 52 armada kapal untuk melayani penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran 2016 ini. Namun dari jumlah tersebut kapal yang dioperasikan maksimal sebanyak 36 armada.

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 8

TNI Disusupi Radikalisme

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20