Bagikan:

Puncak Arus Balik Lebaran 2016 Diperkirakan Sore Ini

Perkiraan itu berdasarkan dari data yang diperoleh Dishub Jawa Barat dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

BERITA | NUSANTARA | NUSANTARA

Sabtu, 09 Jul 2016 13:53 WIB

Puncak Arus Balik Lebaran 2016 Diperkirakan Sore Ini

Polisi dari satuan Brimob Jawa Barat melakukan penjagaan arus lalu lintas di Pos Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/7). Foto: Arie Nugraha/KBR

KBR, Bandung - Dinas Perhubungan Jawa Barat memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2016 akan terjadi pada sore ini dan besok di Jawa Barat. Perkiraan itu berdasarkan data yang diperoleh otoritas tersebut dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, data yang diperolehnya mencatat hampir sebagian besar penghuni hotel telah melakukan registrasi keluar.

"Kemudian juga data dari PHRI itu yang akan melakukan check out pada hari Sabtu ini 75 persen dan masuk lagi pada hari ini 75 persen serta check out nya pada hari Minggu. Nah itu kita kombain data-data itu, selain dari data gate tol yang ada. Berarti kita harus bisa mengatur, bagaimana kita melakukan cara bertindaknya yang paling penting kita siap dilapangan untuk mengantisipasi arus  baliknya," ujarnya di Pos Polisi Cileunyi, Jalan Cileunyi, Kabuapten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/7).

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan peningkatan arus balik Lebaran 2016 ini sudah tampak penaikan jumlah antrian kendaraan sejak malam tadi di dalam Tol Cipularang. Namun, kata Dedi, hal itu telah diantisipasi oleh otoritas yang berwenang dengan melakukan pengaturan, sehingga tidak terjadi kemacetan.

Dia menambahkan, beberapa ruas tol yang harus diantisipasi akan adanya penaikan jumlah kendaraan yaitu di Cikarang, Cileunyi dan Pasteur.

Dinas Perhubungan Jawa Barat menyatakan akan memberlakukan pembebasan biaya jalan tol bagi kendaraan selama arus balik Lebaran 2016, jika panjang antrian sudah melebihi 5 Kilometer. 

Editor: Sasmito

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan