BERITA

Pilkades Serentak di Rejang Lebong, BPMPD Mulai Distribusikan Surat Suara

""Pendistribusian logistik Pilkades serentak berupa surat suara ini dilaksanakan dari kantor BPMPD Rejang Lebong kepada 13 kecamatan,""

Muhamad Antoni

Pilkades Serentak di Rejang Lebong, BPMPD Mulai Distribusikan Surat Suara
Surat suara pilkades serentak di Rejanglebong, Bengkulu. (Foto: KBR/M. Antoni)

KBR, Rejang Lebong- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa(BPMPD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Desa serentak.

Kepala BPMPD Rejang Lebong Muhammad Rizal mengatakan  pendistribusian logistik Pilkades serentak akan dilaksanakan dalam tiga hari ini. Pilkades  akan dilaksanakan di 61 desa tersebar dalam 13 dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Pendistribusian logistik Pilkades serentak berupa surat suara ini dilaksanakan dari kantor BPMPD Rejang Lebong kepada 13 kecamatan, dan selanjutnya proses pendistribusian dari kecamatan ke masing-masing desa dilakukan oleh  panitia kecamatan," kata Rizal, Senin (11/07).

Ditambahkan Kepala BPMPD Rejang Lebong Muhammad Rizal  Logistik yang didistribusikan ini  berupa surat suara   sebanyak 67.346 lembar. Dengan   rincian jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 66.025 jiwa dan ditambah surat suara cadangan sebanyak dua persen yakni sebanyak 1.321 lembar.

Surat suara ini disimpan oleh panitia kecamatan masing-masing di kantor Polsek. Selanjutnya didistribusikan ke tingkat desa paling lambat sehari sebelum pelaksanaan Pilkades yakni 14 Juli mendatang.

"Untuk persiapan pelaksanaan Pilakdes serentak tahun 2016 sudah lebih dari 90 persen dan saat ini tinggal pendistribusian logistik dari kecamatan ke masing-masing desa. Sedangkan untuk pembuatan tempat pemungutan suara dan persiapan lainnya sudah selesai dilakukan oleh panitia tingkatan desa," ujarnya.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Rejang Lebong 2016 kata Mohammad Rizal, seyogyanya akan diikuti 63 desa tersebar dalam 13 dari 15 kecamatan di Rejanglebong. Namun dua desa lainnya yakni Tebat Tenong Luar Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Ujan Panas, Kecamatan Padang Ulak Tanding belum bisa dilaksanakan karena calon pesertanya hanya satu orang.

Dari 61 yang akan melaksanakan Pilkades kata dia, desa yang paling sedikit pemilihnya ialah Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya

Tahapan Pilkades serentak di Rejang Lebong tambah dia, memasuki tahapan penyampaian surat suara pemilih dari tingkat kabupaten ke tim kecamatan (11-13 Juli). Termasuk  masa tenang, penyampaian undangan, rapat pesiapan Pilkades. Sedangkan pemungutan suara Pilkades pada 14 Juli nanti.

Editor: Rony Sitanggang

  • pilkades serentak
  • Kepala BPMPD Rejang Lebong Muhammad Rizal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!