Mahkamah Pelayaran Gelar Sidang Tenggelamnya KM Rafelia 2

Sebanyak 8 saksi dihadirkan dalam persidangan yang digelar di Kantor Unit Penyelenggara Pelayaran (KUPP) kelas III Ketapang Banyuwangi Jawa Timur.

BERITA , NUSANTARA

Kamis, 21 Jul 2016 09:48 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Mahkamah Pelayaran Gelar Sidang Tenggelamnya KM Rafelia 2

Kapal KMP Rafelia 2 tenggelam di Selat Bali. Foto: Antara


KBR, Banyuwangi - Mahkamah Pelayaran menggelar sidang terkait tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia 2 pada  awal Maret 2016 lalu di Selat Bali. Sebanyak 8 saksi dari ABK KMP Rafelia 2 dihadirkan dalam persidangan yang digelar di Kantor Unit Penyelenggara Pelayaran (KUPP) kelas III Ketapang Banyuwangi Jawa Timur. 

Dalam persidangan yang diketuai oleh Kapten Supardi terungkap beberapa kejanggalan. Di antaranya manifes penumpang yang amburadul, ketidaktahuan seorang mualim kapal tentang kapasitas kapal, serta penanganan ketika terjadi musibah di laut.

Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Ketapang, Isprianto berharap, penanggung jawab kecelakaan akan terungkap di sidang mahkamah pelayaran ini.

“Ini sidang dalam rangka proses  pemeriksaan BAPP terhadap nahkoda dan ABKnya atas tenggelamnya KMP Rafelia 2. Yang dicari penyebab kecelakaan itu dan proses penyebab musibah tenggelamnya kapal Rafelia 2,” kata Isprianto, Kamis (21/7/2016).

Baca juga: Pasca KMP Rafelia 2 Tenggelam, Perusahaan Tak Bisa Pastikan Bayar Gaji Puluhan ABK

Sebelumnya,  Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan penyebab tenggelamnya KMP Rafelia 2 karena kelebihan beban muatan.  Muatan kapal pada saat tenggelam mencapai 700 ton lebih. Padahal kata dia,  kapasitas beban KMP Rafelia 2 hanya 200 ton lebih.

Akibatnya, stabilitas kapal pada saat berlayar tidak memenuhi kriteria stabilitas kapal yang baik. Selain kelebihan muatan, penempatan muatan kendaraan di dalam kapal juga tidak seimbang, hingga mengakibatkan kapal menjadi miring.

Kapal Motor Penumpang  Ravelia 2 tenggelam di perairan Selat Bali pada awal Maret 2016. Kapal Motor Revelina 2 tenggelam sekitar 500 meter  dari Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi pada pukul 13.20 WIB. 

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18