Bagikan:

Jumlah Pemudik di Penyebrangan Jawa-Bali Turun 3 Persen

Jumlah penumpang yang mudik melalui Pelabuhan Gilimanuk dan sebaliknya tahun 2016 ini turun rata-rata tiga persen dibanding tahun lalu.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 06 Jul 2016 13:19 WIB

Jumlah Pemudik di Penyebrangan Jawa-Bali  Turun 3 Persen

Arus mudik di Pelabuhan Ketapang. Foto: ANTARA

KBR, Banyuwangi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Fery Ketapang-Gilimanuk mencatat, jumlah penumpang yang mudik melalui Pelabuhan Gilimanuk dan sebaliknya tahun 2016 ini turun rata-rata tiga persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data di posko mudik PT ASDP, pemudik pejalan kaki yang menyebrang dari Bali melalui pelabuhan Gilimanuk, mulai H-12 hingga H-1 Lebaran kemarin,  mencapai 504 ribu lebih orang.

Jumlah  itu turun  dibanding tahun lalu yang mencapai 512 lebih orang. Penurunan juga terjadi di penumpang kendaraan roda dua. Untuk tahun ini kendaraan roda dua mencapai 104 ribu unit lebih, atau turun tiga persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 106 ribu unit lebih.

Menurut Juru Bicara PT ASDP Ketapang-Gilimanuk Shandi Nugroho, turunnya jumlah pemudik tahun ini, karena bergesernya masyarakat dalam memilih modal transportasi pada saat melakukan mudik ke kampung halamannya. Seperti menggunakan angkutan udara dan sejumlah modal transportasi  lainnya.

“Ini mungkin pengalihan. Soalnya pertumbuhan dari Gilimanuk sendiri itu, peningkatan dari kendaraan roda empat. Jadi mungkin dari yang dulu naik roda dua sekarang naik bus, atau naik kendaraan pribadi sendiri, naik mobil sedan sejenis,” kata Shandi Nugroho (6/7/2016).

Juru Bicara PT ASDP Ketapang-Gilimanuk, Shandi Nugroho menambahkan, meski jumlah penumpang penjalan kaki dan kendaraan roda dua turun, namun justru jumlah kendaraan roda empat naik satu persen tahun ini. Kendaraan roda empat yang menyebrang dari pelabuhan Gilimanuk mencapai 58. 913 unit. Sedangkan tahun lalu mencapai 58.365 unit.

Sementara itu, untuk jumlah penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, sejak H-12 hingga H-1 Lebaran kemarin mencapai 213 ribu orang lebih. Jumlah itu turun lima persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 224 ribu lebih orang.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua juga ikut turun satu persen. Tahun ini mencapai 9011, tahun lalui 9050 unit. Untuk kendaraan roda empat naik 1 persen. Tahun ini mencapai 40.085 unit. Sedangkan tahun lalu 40.038 unit kendaraan. Untuk hari ini Rabu (6/7/2016) PT ASDP Indonesia Fery Ketapang-Gilimanuk mengoperasikan 29 unit kapal, untuk melayani penyebrangan Jawa-Bali tersebut.



Editor: Quinawaty 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

Antisipasi Bencana Alam di Akhir Tahun

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending