BERITA

H+2 Lebaran, Arus Balik di Tol Cipali Ramai Lancar

"Kendaraan yang melintas di Tol Cipali pada arus balik hari ini, Jumat (08/07/2016) terlihat ramai lancar. Pergerakan kendaraan arus balik arah Jakarta sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB."

Frans Mokalu

H+2 Lebaran, Arus Balik di Tol Cipali Ramai Lancar
Kendaraan arus balik arah Jakarta memasuki GT Palimanan Cirebon. Foto: Frans Mokalu.

KBR, Cirebon - Kendaraan yang melintas di Tol Cipali pada arus balik hari ini, Jumat (08/07/2016) terlihat ramai lancar. Pergerakan kendaraan arus balik arah Jakarta sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB.

Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon membuka gardu tol sebanyak 21 gardu arah Jakarta dan lima gardu arah Cirebon atau kebalikan dari arus mudik.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto mengatakan, lalu lintas arus balik dari Cirebon ke Jakarta di tol Cipali sudah terlihat sejak Kamis (07/07/2016) pukul 06.00 WIB.


"Sejak Kamis pagi sampai Jumat 08/07/2016 pujul 06.00 WIB jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali pada arah balik ke Jakarta yang masuk di GT Palimanan tercatat sebanyak 24.660 kendaraan/hari," katanya, Jumat 08/07/2016.


Sementara, pada arah mudik dari Jakarta ke Cirebon dan keluar di GT Palimanan pada hari kedua Lebaran, Kamis (07/07/2016) hingga Jumat (08/07/2016) sebanyak 38.300 kendaraan perhari.


"Angka ini menurun dibandingkan volume arah mudik pada hari pertama Lebaran yang tercatat sebanyak 48.650 kendaraan/hari," terangnya.


Untuk mengantisipasi kemacetan dan mempercepat transaski di pintu tol, pihaknya akan menyediakan voucher tol prabayar, khusus untuk kendaraan Golongan I yang melakukan pembayaran di GT Palimanan. Voucher atau e-payment dapat dibeli sebelum memasuki GT Palimanan atau membayar dengan uang pas.


"Voucher ini khusus untuk kendaraan dengan gerbang asal Brebes Timur dan gerbang asal Cikarang Utama. Voucher berlaku sebagai alat pembayaran di gardu tol seperti layaknya uang pas, sehingga proses pembayaran tol menjadi lebih cepat. Voucher prabayar ini berlaku pada 8-10 Juli 2016," terangnya.


Selain itu, ada petugas jemput kendaraan untuk penjualan voucher prabayar dan penukaran uang kecil. "Bagi yang membayar pakai e-payment ada diskon sebesar 20% yang sudah berlaku sejak 3 Juli 2016," imbuhnya.


Jika arus balik sangat padat, LMS berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengalihan arus kendaraan.


"Jika GT Palimanan padat, arus kendaraan diarahkan keluar di GT Plumbon (Satu gerbang sebelum GT Palimanan, di ruas tol Palikanci), melalui jalan arteri Cirebon-Palimanan-Bandung dan dapat masuk tol Cipali kembali di GT Sumberjaya," tutupnya.





Editor: Quinawaty 

  • tol Cipali
  • arus balik
  • Gerbang Tol (GT) Palimanan Cirebon
  • ramai lancar
  • voucher tol prabayar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!