BERITA

11 Kopi Terbaik Indonesia Bersaing Rebut Posisi di Festival Kopi Nusantara

"Sebanyak 11 kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia bersaing memperebutkan posisi pertama dalam kontes cita rasa kopi yang digelar dalam rangkaian Festival Kopi Nusantara di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur."

Friska Kalia

11 Kopi Terbaik Indonesia Bersaing Rebut Posisi di Festival Kopi Nusantara

KBR, Bondowoso – Sebanyak 11 kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia bersaing memperebutkan posisi pertama dalam kontes cita rasa kopi yang digelar dalam rangkaian Festival Kopi Nusantara di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kepala Bidang Laboratorium Uji Cita Rasa Kopi, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia, Yusianto mengatakan, hari ini (Minggu 24/7/2016) dewan juri akan mengumumkan pemenangnya.

"Besok (Minggu--Red) akan kita umumkan pemenangnya. Untuk malam (Sabtu 23/7/20106) ini juri masih akan bekerja melakukan penilaian cita rasa," ungkap Yustianto kepada KBR di Bondowoso.

Mulanya 85 petani kopi dari Aceh hingga Flores yang mengikuti kontes, kopi-kopi itu diseleksi hingga menghasilkan 11 yang dianggap terbaik oleh para penilai. Beberapa daerah yang lolos di antaranya Aceh, Toraja, Bondowoso, Jawa Barat, Lampung dan Temanggung.

"Ada beberapa kriteria penilaian yang kami jumlahkan kemudian menghasilkan skor. Yang kami nilai beberapa di antaranya fragrant, aroma, flavors, aftertaste, acidity (keasaman) untuk kopi arabika, body, balance, sweetness, clean cup dan diffect atau kekurangan kalau ada," jelasnya.

Baca Juga:

Yusi pun memaparkan, dari 11 besar tersebut, tujuh juri yang terdiri atas Puslitkoka, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), SCAI, serta barista senior Indonesia akan kembali melakukan penilaian melalui blind test atau penilaian buta untuk menentukan kopi dengan cita rasa tertinggi.

Festival Kopi Nusantara ini pertama kalinya digelar di Kabupaten Bondowoso. Helatan ini merupakan tindak lanjut Pemkab Bondowoso pasca mendeklarasikan diri sebagai Republik Kopi pada 22 Mei lalu.

Sebanyak tiga kompetisi digelar dalam rangkaian Festival Kopi Nusantara, di antaranya Kontes Uji Cita Rasa Kopi, Kompetisi Barista dan Lomba Meracik Kopi oleh Kepala SKPD di Bondowoso. Festival ini terselenggara sejak Sabtu (23/7/2016) kemarin hingga Minggu (24/7/2016) ini.





Editor: Nurika Manan

  • kopi
  • kopi bondowoso
  • ekspor kopi
  • Festival Kopi Nusantara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!