BERITA

Tes Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah di NTT, Jawab 500 Soal Psikotes

"Tim dokter yang terdiri 3 dokter umum dan 5 dokter spesialis akan berdiskusi untuk menentukan hasilnya dan hasilnya akan diserahkan ke ketua Ikatan Dokter Indonesia Sumba Timur."

Heinrich Dengi

Tes Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah di NTT, Jawab 500 Soal Psikotes
Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur dr. Rudi Damanik. Foto: Heinrich Dengi KBR

KBR, NTT- Para calon Bupati dan Wakil Bupati di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur diwajibkan menjawab sekitar 500 pertanyaan dalam tes kesehatan hari pertama. Tes kesehatan ini dilakukan di rumah sakit yang telah dipilih, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha. Ketua tim pemeriksanaan kesehatan balon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur dokter Rudi Damanik menerangkan, 500 pertanyaan itu terbagi dalam dua tahap psikotes.


“Setelah selesai di jam 11 siang, hasil 500 pernyataan ini akan dinilai lagi oleh psikater, setelah selesai itu baru tahap kedua dilakuan wawancara terpisah, lama tidaknya wawancara tergantung penilaian tahap pertama, termasuk tes kesehatan jiwa, termasuk emosional, kalau bisa dikatakan sebagai tes kepribadian, seluruhnya untuk kesehatan jiwa,” kata ketua tim pemeriksaan kesehatan balon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur dokter Rudi Damanik, Selasa (29/07/2015).


Ia menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan pada 30 Juli, kandidat diharapkan sudah datang ke RSUD Umbu Rara Meha sekitar jam 8 pagi, dalam kondisi puasa sejak tengah malam nanti tidak makan tidak minum.


Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan darah lengkap termasuk pemeriksaaan Napza, pemeriksaan radiologi, pemerisaaan perut dengan ultrasonologi, pemeriksan telinga hidung tenggorokan, pemeriksaan jantung dan lainnya.


Selain itu, 30 Juli 2015 tim dokter yang terdiri tiga dokter umum dan lima dokter spesialis akan berdiskusi untuk menentukan hasilnya dan hasilnya akan diserahkan ke ketua Ikatan Dokter Indonesia Sumba Timur untuk diserahkan kepada KPUD Sumba Timur, paling lambat 2 Agustus mendatang.


Editor: Bambang Hari

  • Tim Pemeriksaan
  • Bakal Calon Kepala Daerah
  • Pilkada Serentak
  • KPUD Sumba Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!