BERITA

Stok Masker BPBD Bondowoso Menipis

"Stok masker di BPBD hanya tersisa dua ribu buah dari total 36 ribu masker yang sudah dibagikan sejak Gunung Raung berstatus waspada."

Friska Kalia

Stok Masker BPBD Bondowoso Menipis
Petugas BPBD Bondowoso membagikan masker kepada pengguna jalan di kawasan alun – alun kota Bondowoso, Minggu (19/7/2015). Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Hujan abu yang terus mengguyur Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sejak semalam mengakibatkan stok masker yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) menipis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso, Hendri Widotono mengatakan stok masker di BPBD saat ini hanya tersisa dua ribu buah dari total 36 ribu masker yang sudah dibagikan sejak Gunung Raung berstatus waspada. Saat ini, BPBD Bondowoso tengah menunggu kiriman 25 ribu masker dari BPBD dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Besok kita akan mendapatkan kiriman dari BPBD Provinsi dan Dinas Kesehatan Provinsi. Semua wilayah yang terdampak abu hari ini sudah pesan agar diberi masker, begitu datang akan langsung kami distribusikan,” kata Hendri Widotono saat dihubungi KBR, Minggu (19/7/2015).

Menurut Hendri, selain masker dari BPBD, masyarakat juga akan mendapatkan bantuan masker gratis dari Dinas Kesehatan Bondowoso, PMI dan organisasi masyarakat lainnya. Warga diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik meski intensitas hujan abu di Bondowoso mulai meresahkan.

Salah seorang petani di Kecamatan Jambesari, Haripa menjelaskan kalau paparan abu vulkanik sudah mulai mengganggu aktivitasnya bertani. Selain terasa perih dan membuat mata bengkak, Haripa juga mulai merasakan tenggorokan kering. Meski begitu, hingga saat ini belum ada petugas yang membagikan masker ke wilayahnya

“Abunya kerasa, meski hanya jalan kaki kena abu terasa perih. Belum ada petugas yang bagi masker. Ini mata saya bengkak karena kena abu,” papar Haripa.

Berdasarkan pengamatan KBR di lapangan, hampir semua wilayah di Kabupaten Bondowoso mulai merasakan paparan abu vulkanik dengan intensitas rendah, sedang, hingga pekat. Di Kecamatan Jambesari, Tamanan, dan Tlogosari, hujan abu terpantau cukup pekat sehingga warga sekitar harus menggunakan kacamata untuk menghindari abu.

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • abu vulkanik
  • ISPA
  • Kabupaten Bondowoso
  • Hujan Abu Bondowoso
  • BPBD Bondowoso
  • Masker gratis

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!