BERITA

Ribuan Penganut Islam Aboge Banyumas Lebaran Hari Ini

"Islam Aboge menggunakan kalender dengan perputaran bulan (Hijriyah) namun dengan metode kalender delapan tahunan (Sewindu)."

Muhamad Ridlo Susanto

Ribuan Penganut Islam Aboge Banyumas Lebaran Hari Ini
Islam Kejawen dengan kalender Aboge gelar halal bihalal dan silaturahmi seusai melaksanakan Shalat Iedul Fitri. Foto: Muhamad Ridlo KBR

KBR, Banyumas – Ribuan penganut Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di sejumlah daerah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah melaksanakan shalat Ied Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah hari ini, Minggu (19/7/2015), atau selang dua hari setelah ketetapan pemerintah. 

Juru Kunci Masjid Saka Tunggal, Cikakak, Sulam mengatakan penanggalan aboge memang berbeda dengan kalender Hijriyah dan Masehi. Islam Aboge menggunakan kalender dengan perputaran bulan (hijriyah) namun dengan metode kalender delapan tahunan (sewindu). Artinya, jika sudah delapan tahun, maka perhitungannya akan kembali ke tahun perhitungan awal.

Sulam, yang juga Imam Masjid Saka Tunggal mengungkap penganut Islam Aboge juga tersebar di sejumlah daerah seperti Purbalingga dan Cilacap. Di Banyumas, ada tiga daerah dengan jumlah penganut Aboge yang banyak, yakni Cikakak Kecamatan Wangon, Kracak Kecamatan Ajibarang dan Kedungwringin Kecamatan Jatilawang. Di Cikakak, penganut Islam Aboge berjumlah 6000 jiwa.

"Intinya Muslim dengan kalender Aboge, bertepatan dengan hari Minggu ini, kita baru melaksanakan Shalat Ied Hari Raya Idul Fitri. Perhitungan Aboge berdasar kalender delapan tahunan (sewindu). Sesudah delapan tahun akan berputar kembali ke perputaran awal lagi. Jumlah penganut Aboge sendiri (di Cikakak) 5000 sampai 6000 jiwa," katanya. 

Sulam menambahkan tahun ini merupakan tahun Ha atau Ahad atau tepatnya Minggu Pon (Hakadpon). Dengan demikian, tanggal 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada hari Minggu Wage atau 19 Juli 2015. Perhitungan yang dipakai aliran Aboge, kata dia, telah digunakan para wali sejak abad ke-14 dan disebarluaskan oleh ulama Raden Rasid Sayid Kuning berasal dari Pajang.

Sulam menjelaskan kalender Aboge terdiri dari hari dan pasaran pertama pada tahun Alif jatuh pada Rabu Wage (Aboge), tahun Ha pada Ahad/Minggu Pon (Hakadpon), tahun Jim Awal pada Jumat Pon (Jimatpon), tahun Za pada Selasa Pahing (Zasahing), tahun Dal pada Sabtu Legi (Daltugi), tahun Ba/Be pada Kamis Legi (Bemisgi), tahun Wawu pada Senin Kliwon (Waninwon), dan tahun Jim Akhir pada Jumat Wage (Jimatge).

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • Islam Alif Rebo Wage
  • Aboge
  • Masjid Saka Tunggal
  • Cikakak Banyumas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!