BERITA

PVMBG: Letusan Raung, Sinabung, Gamalama, Hanya Kebetulan

"Gede Suantika memastikan, letusan ketiga gunung itu tak akan menimbulkan dampak bencana yang lebih besar. Sebab, masing-masing gunung itu memiliki karakter berbeda-beda."

Bambang Hari

PVMBG: Letusan Raung, Sinabung, Gamalama, Hanya Kebetulan
Letusan Gunung Gamalama tidak pengaruhi angkutan mudik. ANTARA FOTO

KBR, Jakarta - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika menyebut meletusnya tiga gunung dalam waktu berdekatan hanya faktor kebetulan. Sebelumnya, Gunung Raung, Sinabung di Sumatera Barat, dan Gamalama di Ternate, meletus hampir bersamaan.

"Itu tidak ada pengaruhnya. Itu memang kebetulan saja waktunya berdekatan dan masing-masing gunung itu meletus. Tidak ada saling mempengaruhi," jelasnya ketika dihubungi KBR melalui sambungan telepon, Kamis (16/7/2015).


Gede Suantika memastikan, letusan ketiga gunung itu tak akan menimbulkan dampak bencana yang lebih besar. Sebab, masing-masing gunung itu memiliki karakter berbeda-beda.


"Masing-masing punya volume magma sendiri, dan laju suplai magma juga sendiri-sendiri, sehingga meletusnya juga sendiri-sendiri," sambungnya.


Tiga gunung yang ada di Indonesia mengalami letusan dengan jarak waktu yang berdekatan. Ketiga Gunung itu adalah Gunung Raung di Jawa Timur, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan Gunung Gamalama di Ternate.


Erupsi Gunung Raung yang terletak di Bondowoso, Jawa Timur, masih mengganggu alur penerbangan di beberapa bandara.




Editor: Quinawaty Pasaribu




 

  • Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)
  • Gede Suantika
  • Gunung Raung
  • Gunung Sinabung
  • Gunung Gamalama

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!